Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Simpan HP di Bagasi Jok Motor Bisa Bikin Kebakaran?

Kompas.com - 22/05/2024, 08:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setiap motor matik saat ini dilengkapi bagasi di bagian bawah jok. Banyak yang memanfaatkannya untuk meletakkan barang-barang, termasuk HP.

Saat kondisi hujan atau HP sedang dicas menggunakan powerbank, pengendara jadi memilih untuk menyimpan HP di bagasi. Namun, banyak yang beranggapan bahwa tindakan tersebut bisa memicu terjadinya kebakaran.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Jarang Dipakai Bikin Komponen Jadi Rusak?

Endro Sutarno, People & Technical Development SiTEPAT (jaringan waralaba ban, oli, dan aki motor), mengatakan, jika HP diletakkan di bawah jok, yang mungkin tempatnya terlalu kecil sehingga mudah panas.

Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraanblogpspot Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan

"Bagasi di bawah jok itu cukup panas. Sementara, baterai lithium itu jika terkena panas yang cukup tinggi, berpotensi terjadi kebakaran," ujar Endro saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Logikanya, baterai lithium itu tidak diperbolehkan di tempat yang panas. Apalagi, sambil dicas," kata Endro.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Tangki BBM Sering Kosong Merusak Komponen Mobil?

Selain karena faktor dari ruang penyimpanan HP, faktor lain adalah dari perangkat elektronik tersebut. HP memiliki cut off yang berfungsi memutus arus ketika daya sudah penuh.

Contoh power outlet pada motor- Contoh power outlet pada motor

"Baterai HP sudah tidak memiliki cut off. Jadi, begitu penuh, tidak mati, dan arus mengalir terus. Akibatnya, baterai yang ada di HP mengalami overcharged," ujar Endro.

"Lama-kelamaan, baterainya menjadi panas, ruangannya sendiri juga panas. Itu juga bisa mengakibatkan kebakaran," kata Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com