Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Jarang Dipakai Bikin Komponen Jadi Rusak?

Kompas.com - 21/05/2024, 07:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pecinta otomotif yang terlalu sayang dengan mobilnya hingga jarang dipakai. Tapi, ada anggapan bahwa tindakan tersebut justru bikin komponen mobil jadi rusak.

Mobil yang jarang dipakai dianggap akan membuat komponen yang menempel tetap awet. Sementara, sebagian orang menganggap kebiasaan tersebut justru akan merusak beberapa komponen.

Baca juga: Manfaat Periksa Kesehatan Aki Mobil secara Rutin

Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka Suparna, mengatakan, mobil yang jarang dipakai, seperti dua minggu sekali atau sebulan sekali, maka kerusakan yang akan terjadi adalah pada baterai atau aki.

Ilustrasi garasi mobil.Ghulam/KompasOtomotif Ilustrasi garasi mobil.

"Saat baterai jarang dipakai, maka akan terjadi self discharge. Jadi, dia akan tetap keluar sendiri, walaupun tidak dipakai mesinnya," ujar Suparna, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Apalagi, mobil sekarang ada beban-beban yang standby. Apakah itu alarm, sistem keamanan lainnya, dan sebagainya, serta untuk memori-memori yang ada di komponen elektronik kendaraan masa kini, itu akan menyebabkan aki soak," kata Suparna.

Baca juga: Lampu Indikator Aki Mobil Menyala, Segera Lakukan Pemeriksaan

Aki MobilASTRA OTOPARTS Aki Mobil

Suparna menambahkan, saat performa aki menurun, maka akan merusak sel baterai dan ini akan membuat usia baterai menjadi lebih pendek. Lain halnya jika kendaraan dipakai secara rutin, setiap hari misalnya.

"Maka baterai akan terjaga dengan baik, input dan output dari arus akan seimbang dan itu sehat untuk baterai. Sehingga, baterai umurnya akan normal atau lebih panjang dibandingkan mobil yang jarang dipakai," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com