Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Penumpang Bus AKAP Gemar Cari Tiket Lewat Aplikasi

Kompas.com - 20/06/2024, 20:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Seiring berkembangnya zaman, kini membeli tiket bus AKAP bisa dilakukan secara online. Dengan metode pembelian tiket secara online, penumpang tidak perlu lagi pergi ke terminal atau agen.

Mulai dari aplikasi jual beli tiket online, memesan via whatsaap pada nomor resmi PO, bahkan beberapa PO juga mempunyai laman atau website pemesanan tiket sendiri. 

Salah satu petugas agen tiket PO 27 Trans cabang Bogor mengatakan,  secara presentase jumlah penumpang yang membeli secara online kini jauh lebih banyak. 

"Paling banyak itu justru lewat aplikasi platform pemesanan tiket bus online seperti Redbus atau traveloka. Kemudian baru lewat aplikasi resmi milik 27 Trans. Sebab lewat online itu lebih praktis selain itu kerap ada diskon, terutama lewat platform tiket bus online," katanya kepada Kompas.com, Rabu (19/6/2024). 

Baca juga: Awas Kena Tipu Saat Bikin SIM secara Online

Meskipun begitu, menurut agen tiket bus yang tidak ingin disebutkan namanya itu mengatakan, membeli tiket secara langsung lewat agen juga masih digandrungi. Sebab ada pula penumpang bus AKAP yang tidak melek teknologi. 

Hal senada juga dikatakan oleh agen tiket bus PO Agra Mas cabang Terminal Bubulak yang mengatakan kini masyarakat lebih condong membeli tiket online lantaran bisa mengecek jumlah kursinya secara langsung di aplikasi atau website. 

Bus AKAP di Terminal Bubulak BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP di Terminal Bubulak Bogor

Baca juga: Jangan Tergiur Harga Murah, Ini Dampak Fatal Gunakan Busi Palsu

"Biasanya lewat aplikasi atau website itu diskon tiketnya lebih besar sehingga mereka tertarik," katanya kepada Kompas.com. 

Meski begitu, agen tiket PO Agra Mas sendiri tetap bisa membantu para calon penumpang apabila kebingungan saat proses pembelian tiket online.

Misalnya penumpang ingin membeli tiket lewat aplikasi, mereka tetap bisa menghubungi agen tiket untuk mengajukan pertanyaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com