Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Jalur Sitinjau Lauik Longsor, Akses Padang-Solok Terputus

Kompas.com - 17/05/2024, 18:34 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Sitinjau Lauik di Padang, Sumatera Barat diterpa longsor, Jumat (17/5/2024) Siang. Pada video yang viral di Instagram, ada satu truk tangki yang hampir terbawa.

Sebelumnya terjadi juga longsor di jalan yang sama, tepatnya pada 7 Mei 2024. Saat itu, akses menuju Padang ke Solok atau sebaliknya ditutup sementara.

Lebih dari 10 hari kemudian, longsor kembali terjadi. Bahkan dari video yang diunggah akun Romansa Sopir Truk di Instagram, terlihat satu truk tangki hampir jadi korbannya.

Baca juga: Truk Berpapasan dengan Mobil di Tanjakan Sitinjau Lauik, Siapa yang Harus Mengalah?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

Berdasarkan pantauan Kompas.com, intensitas hujan yang lebat jadi penyebab longsor. Terlihat truk sedang menanjak, hampir tertimbun longsor, beruntung sopir langsung tancap gas dan aman terhindar.

Pada video tersebut juga kelihatan kondisi jalan dari arah atas yang macet. Adanya longsor tersebut, menutup akses menuju Padang dan Solok.

"Benar. Untuk sementara kita tutup dulu. Pengendara diminta tidak melalui jalur itu sebab bisa menimbulkan kemacetan lebih parah," kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Nur Setiawan yang dihubungi Kompas.com, Jumat (17/5/2024).

Baca juga: Mobil Listrik BMW Sudah Mulai Laris

Penutupan jalan dilakukan sampai material longsor di jalanan bersih . 

Seperti diketahui, kawasan Sitinjau Lauik adalah jalur utama yang menghubungkan Padang-Solok. Jalur alternatifnya melingkar melewati Padang Panjang dan Bukittinggi.

Namun akses jalan di Padang Panjang di Silaiang juga putus total akibat banjir bandang, Sabtu (11/7/2024). Jalur lain yang bisa digunakan lebih jauh lagi melewati Malalak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com