Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Touring Moge Lewat Tanjakan Sitinjau Lauik

Kompas.com - 17/12/2023, 08:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video diunggah oleh akun TikTok bernama @trucksumbar32 memperlihatkan rombongan motor gede (moge) melintasi tanjakan Sitinjau Lauik, yang terletak di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Salah satu peserta rombongan adalah Ustadz Abdul Somad (UAS) yang terlihat mengendarai motor mengendarai Harley-Davidson. UAS juga sempat berhenti sejenak di tanjakan tersebut untuk berfoto bersama peserta lainnya.

Baca juga: Inden Mobil Listrik Wuling Binguo EV Tembus Dua Bulan

Dalam video tersebut terlihat juga ada motor BMW R1200GS yang mengalami kesulitan saat menanjak hingga terjatuh. Sejumlah orang terlihat membantu pengendara tersebut untuk mendirikan sepeda motornya.

Sitinjau Lauik memang terkenal oleh tanjakan dengan belokan yang tajam, untuk itu dibutuhkan teknik berkendara yang benar saat melintasi jalan tersebut.

@trucksumbar32 Ustad Abdul Somad Mampir ke sitinjau lauik, play video lengkap di youtube truck sumbar32#trucksumbar32 ? suara asli - TS32

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, secara teknis, menggunakan motor dengan kapasitas mesin besar sebenarnya lebih mudah untuk melewati jalan yang menanjak karena memiliki tenaga yang cukup besar.

“Namun seringkali pengendara kurang bisa mengendalikan dan mengoperasikan moge karena tidak mahir atau belum terbiasa. Motor besar malah akan lebih sulit jika berjalan di tengah kemacetan jalan raya karena selain harus menahan beban motor juga harus lebih bersabar tidak bisa selap selip seperti motor kecil,” ucap Agus, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/12/2023).

Agus melanjutkan, ada cara yang bisa dilakukan oleh pengendara moge ketika melewati jalan yang menanjak seperti tanjakan Sitinjau Lauik.

Baca juga: Iming-iming Wuling untuk Konsumen Binguo EV

“Sebelum tanjakan pengendara sudah posisi siap dengan perseneling gigi rendah, kemudian atur gas agar tetap kuat melewati tanjakan, jaga keseimbangan dan pandangan saat berkendara,” kata Agus.

“Saat di tanjakan kemudian motor mengerem maka segera pindahkan ke gigi paling rendah agar ketika membuka gas maka motor akan mudah untuk tetap berjalan,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com