Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Catat Arus Tol Saat Mudik Lebaran 2024 Lebih Lancar

Kompas.com - 25/04/2024, 06:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur menyampaikan, total keseluruhan arus lalu lintas selama periode mudik dan balik Lebaran 2024 meningkat 46 persen dari kondisi normal.

Fakta tersebut diperoleh dari sejumlah data yang dijalankan perusahaan serta stakeholder terkait, seperti Google yang sudah terintegrasi dengan Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID).

"Sejalan dengan itu, rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol wilayah Jakarta sampai Jawa Tengah (Semarang) mengalami peningkatan pada puncak arus mudik dan balik," kata dia dalam siaran pers, Rabu (24/4/2024).

Baca juga: Tak Semua Kerusakan Mobil Ditangani Bengkel Panggilan 24 Jam

Gerbang Tol Cikampek UtamaDok. Jasa Marga Gerbang Tol Cikampek Utama

Namun, peningkatan tersebut mampu dikawal dengan baik. Tercatat kecepatan rata-rata kendaraan rute Cawang sampai Semarang pada puncak arus mudik adalah 68 kpj, naik 11 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Untuk waktu tempuhnya yaitu 6 jam 53 menit atau lebih cepat 15,5 persen dibandingkan tahun lalu.

"Sementara itu, kecepatan rata-rata kendaraan rute Semarang hingga Cawang pada puncak arus balik adalah sebesar 79 kpj, meningkat 2 persen dibanding tahun lalu. Waktu tempuhnya yaitu 5 jam 50 menit," tambah Subakti.

"Itu lebih cepat 5 persen dibandingkan tahun lalu," lanjutnya.

Jasa Marga mengaku sukses mengawal arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445 H tak lepas dari beberapa aspek yang menjadi perhatian Tim Satgas Jasa Marga Siaga.

Antara lain, memastikan kesiapan pelayanan operasi, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, menyiapkan strategi antisipasi dan cara bertindak untuk penanganan pada situasi darurat seperti cuaca ekstrem, mengendalikan flow dan kepadatan di rest area.

Baca juga: Aismoli Optimistis Penjualan Motor Listrik Subsidi Capai Target

Suasana di dermaga 1 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten saat arus mudik Lebaran 2024.KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Suasana di dermaga 1 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten saat arus mudik Lebaran 2024.
 

Kemudian juga membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol selama masa operasional pelayanan Lebaran, memastikan kesiapan jalur fungsional yang akan digunakan, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dan pengolahan data kondisi lalu lintas terkini dengan JID dan aplikasi Travoy.

Dalam kesempatan serupa, Subakti juga secara resmi menutup Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idulfitri 1445H yang mengawal pelayanan operasional jalan tol pada periode arus mudik dan balik.

"Terima kasih kepada Satgas Jasa Marga Siaga yang telah bekerja dengan sangat baik," ucap Subakti.

"Walaupun masih ada sejumlah hal yang harus kita terus perbaiki ke depannya, Alhamdulillah kita mendapat apresiasi positif atas kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan dari Kementerian PMK, Kemenhub, Kepolisian RI, TNI, Kementerian PUPR, serta stakeholder terkait lainnya," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com