Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pengecekan yang Perlu Dilakukan Usai Mobil Tempuh Perjalanan Jauh

Kompas.com - 24/04/2024, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai digunakan mudik Lebaran, baiknya mobil yang dipakai mendapat pengecekan langsung. Hal ini berguna untuk memastikan kondisi tetap prima dan siap digunakan kembali.

Pasalnya, momen mudik dan arus balik bukan sekadar menempuh perjalanan ratusan kilometer saja, tapi juga dihadapi dengan ragam situasi.

Dari cuaca selama perjalanan, kemacetan, variasi medan yang dilewati, beban kendaraan, dan lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi mobil.

"Banyak dari kita menggunakan mobil pribadi yang sama dalam aktivitas sehari-hari dengan mobil yang digunakan saat mudik. Untuk itu perlu penyegaran agar kendaraan tetap dalam kondisi prima setelah digunakan perjalanan panjang dan waktu yang lama," tulis Daihatsu dalam keterangan resminya, Rabu (24/4/2024).

Baca juga: Rumus Pasang Busi, Perhatikan Torsi dan Jangan Asal Kencang

Mesin Daihatsu XeniaADM Mesin Daihatsu Xenia

Paling tidak ada delapan sektor yang perlu dicek untuk memastikan kondisi mobil tetap terjaga usai digunakan mudik Lebaran, yakni :

1. Oli mobil ; Sebagai pelumas penting komponen dalam mesin, periksa dan ganti oli mesin bila diperlukan, dari oli mesin, gardan, rem, power steering, dan lain-lain.

2. Ban dan kaki-kaki ; Sebagai penggerak utama mobil, kondisi ban wajib diperhatikan secara berkala.

Selain mengukur tekanan, spooring dan balancing sangat penting dilakukan untuk menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda supaya bisa berputar dengan seimbang.

3. Komponen rem ; Perjalanan panjang dalam waktu lama, memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Karena itu, pastikan komponen ini dalam keadaan baik, mulai dari kualitas minyak rem, kampas, dan piston rem.

4. Filter bahan bakar ; Ketersediaan bahan bakar di setiap stasiun pengisian selama perjalanan mudik dapat bervariasi. Pastikan mengecek filter bahan bakar, dan dapat mengganti bila perlu untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Air radiator ; Air radiator meredam panas pada dinding silinder ketika terjadi pembakaran dari kerja mesin. Karena itu, mobil berkompresi tinggi dihimbau untuk menggunakan air radiator khusus agar kinerja pendingin mesin lebih optimal dan mampu mencegah karat pada sela mesin.

6. Aki dan Sistem Kelistrikan ; Sebagai sumber daya utama kelistrikan pada mobil, aki yang bagus akan menjaga kinerja lampu, audio, dan mesin berjalan dengan optimal. Sebaliknya, aki yang jarang dirawat dapat menyebabkan kinerja yang kurang maksimal bahkan mogok pada saat kendaraan akan digunakan.

Baca juga: Daihatsu Ajak Konsumen Seru-seruan di Bekasi, Bisa Bawa Keluarga

Pengecekan mobil DaihatsuADM Pengecekan mobil Daihatsu

7. Lampu dan wiper ; Komponen ini dapat dirawat melalui servis rutin sebelum mudik. Jika karet wiper fungsinya tidak bekerja dengan baik, segera lakukan ganti dengan yang baru agar dapat menyapu air dengan baik dan menjaga visibilitas ketika berkendara dalam kondisi hujan.

8. Filter AC ; Mobil dengan suhu yang dingin dan sejuk memberikan kenyamanan selama perjalanan. Lakukan pengecekan filter AC, termasuk pembersihan kondensor dan evaporator agar kinerja AC tetap optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com