Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Mobil Bocor di Bagian Samping, Masih Bisa Dipakai?

Kompas.com - 24/04/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebocoran pada telapak ban mobil sering terjadi. Tapi, kebocoran pada bagian samping cukup jarang. Meski demikian, banyak yang bertanya-tanya, apakah ban tersebut masih bisa digunakan?

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, ban yang sudah mengalami kebocoran atau sobek kecil pada bagian samping atau dinding ban tidak disarankan untuk ditambal.

Baca juga: Ini Penyebab Ban Mobil Terkunci Setelah Dicuci

"Bagian yang luka atau sobek benangnya sudah putus. Jadi, tidak ada penahan pada bagian tersebut," ujar Zulpata, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Innova Community (IC) - official (@innovacommunity)

"Kalau pun ditambal, defleksi di bagian tersebut tidak akan senormal waktu kondisi awal," kata Zulpata.

Zulpata menambahkan, bagian yang luka pada ban mobil bisa ditambal dengan baik. Tapi, defleksi atau kelenturannya masih dipertanyakan, karena Zulpata mengaku belum pernah mencoba.

Baca juga: Bahaya Sepelekan Kerikil yang Menempel di Alur Ban Mobil

"Saya belum pernah coba, hanya karena tidak ada ikatan lagi di antara benang ban, jadi kurang kuat. Waktu defleksi atau bagian tersebut akan terasa kaku atau keras," kata Zulpata.

Untuk mengurangi risiko terjadinya kebocoran pada ban mobil, penting bagi pemilik mobil selalu menjaga tekanan ban. Disarankan agar mengikuti rekomendasi pabrikan yang bisa dilihat melalui sticker di bagian pintu mobil pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com