Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Saldo E-toll yang Perlu Disiapkan untuk Mudik Lebaran

Kompas.com - 02/04/2024, 08:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Guna mempersiapkan perjalanan mudik Lebaran 2024, masyarakat perlu mengestimasikan total tarif tol yang diperlukan dari kota asal menuju kota tujuan.

Jangan sampai saldo uang elektronik (e-toll) tidak cukup atau kurang karena bisa mengganggu perjalanan dan kenyamanan pemudik.

Berdasarkan unggahan akun Instagram @official_transmargajateng, pada periode mudik tahun 2023 lalu sebanyak 14.000 kendaraan mengalami kekurangan saldo e-toll saat melakukan perjalanan, hal ini menjadi salah satu penyebab perlambatan arus lalu lintas di gerbang tol.

Baca juga: Simak Daftar Harga Aki Motor Per Maret 2024

Cara cek saldo e-toll dengan mudah melalui HP, ATM, atau panggilan dial. Dok. Stanly/KompasOtomotif Cara cek saldo e-toll dengan mudah melalui HP, ATM, atau panggilan dial.

Maka dari itu, pemudik yang akan melewati jalan tol diharapkan untuk selalu memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum melakukan berangkat, sehingga perjalanan semakin nyaman dan aman.

Dalam unggahan tersebut, juga membagikan tips saldo minimal yang harus dipersiapkan untuk perjalanan Jakarta ke Semarang yaitu Rp 500.000 dan Jakarta ke Surabaya Rp 1.000.000.

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas Sepanjang Maret 2024 Turun Dibandingkan Tahun Lalu


Selain itu, terdapat rincian saldo yang perlu disiapkan dari Tangerang ke beberapa kota tujuan (single trip) sesuai unggahan Instagram @official_transmargajateng, yaitu:

  • Tangerang menuju Cirebon (via GT Ciperna) : Rp 178.000
  • Tangerang menuju Semarang (via GT Kalikangkung) : Rp 452.000
  • Tangerang menuju Yogyakarta (via GT Colomadu) : Rp 545.000
  • Tangerang menuju Surabaya (via GT Warungunung) : Rp 862.000

Perlu dicatat, tarif tersebut merupakan kalkulasi tarif dengan rute yang melewati jalan Tol Jakarta-Tangerang juga Jalan Tol JORR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com