Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Pas Saat Macet di Tanjakan | Viral, Video Honda Supra Derek Toyota Fortuner Mogok

Kompas.com - 31/03/2024, 03:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontur jalanan di Indonesia memang sangat bervariasi, salah satunya jalanan menanjak yang sering ditemui di daerah dataran tinggi. Kondisi ini tentu membuat pengemudi mobil perlu berhati-hati.

Untuk mobil dengan transmisi matik pastikan menggunakan gigi yang tepat, terutama saat menanjak atau terjebak dalam kemacetan di tanjakan.

Penggunaan gigi yang tepat sangat penting untuk memastikan kendaraan memiliki kekuatan yang cukup untuk menaklukkan tanjakan dengan lancar, serta menghindari masalah seperti slip atau berhenti tiba-tiba saat dalam kemacetan.

Selain itu, viral di media sosial video yang memperlihatkan mobil mogok mendapatkan pertolongan yang tak disangka-sangka. Sebab bukan dari mobil derek, namun pertolongan tersebut datang dari motor Supra yang hanya menggunakan tali.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 30 Maret 2024:

1. Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Pas Saat Macet di Tanjakan

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat mengendarai mobil matik di jalur pegunungan sebaiknya memposisikan transmisi pada L (low) atau ke 2.

“Mengendarai mobil di hill driving atau mountain driving, naik turun lembah begitu, maka setiap sebelum tanjakan persneling sudah diturunkan dari Drive (D) ke Low atau ke 2 ( jika ada),” kata Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Pas Saat Macet di Tanjakan

2. Viral, Video Honda Supra Derek Toyota Fortuner Mogok

Video Honda Supra derek Toyota Fortunerinstagram.com/jakut.info Video Honda Supra derek Toyota Fortuner

Momen itu diunggah oleh akun Instagram @jakut.info, Kamis (29/3/2024). Dalam video tersebut terlihat motor Honda Supra yang dikendarai oleh seorang pria mengenakan helm berwarna kuning, sedang menderek mobil Toyota Fortuner berwarna hitam yang diduga mogok.

Baca juga: Viral, Video Honda Supra Derek Toyota Fortuner Mogok

3. Terjadi Kecelakaan Karambol di Sleman, Selalu Ingat Jaga Jarak Aman

Ilustrasi kecelakaan. Hans/Pixabay Ilustrasi kecelakaan.

Terjadi kecelakaan karambol yang melibatkan tiga kendaraan di Ringroad Barat, tepatnya di Utara RSU Queen Latifa Gamping Sleman, Yogyakarta, Jumat (29/3/2024).

Dalam unggahan video akun Instagram @sukoharjo_uncover, Jumat (29/3/2024), menjelaskan kecelakaan melibat tiga kendaraan, yaitu Honda Brio, pikap, dan Bus Rosalia Indah.

Baca juga: Terjadi Kecelakaan Karambol di Sleman, Selalu Ingat Jaga Jarak Aman

4. Jenis SIM yang Diperlukan Pemilik Mobil Listrik

Peluncuran mobil listrik BMW i5Kompas.com/Nanda Peluncuran mobil listrik BMW i5

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki pengemudi segala jenis kendaraan, termasuk mobil listrik.

Dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 pada Pasal 3 ayat (1) disebutkan, bahwa SIM terdiri dari SIM Kendaraan Bermotor Perseorangan, SIM Kendaraan Bermotor Umum, dan SIM Internasional.

Baca juga: Jenis SIM yang Diperlukan Pemilik Mobil Listrik

5. Baru Diluncurkan, Xiaomi SU7 Sudah Dipesan 50.000 Unit

Xiaomi SU7Carnewschina Xiaomi SU7

Raksasa perusahaan teknologi asal Tiongkok, Xiaomi, belum lama ini resmi meluncurkan mobil listrik SU7. Mobil ini dibanderol 215.900 yuan atau sekitar Rp 474 juta, lebih murah jika dibandingkan Tesla Model 3.

Kehadirannya pun langsung disambut baik oleh pecinta otomotif, hal ini terbukti dari banyaknya angka surat pemesanan kendaraan yang tercatat usai mobil listrik tersebut diluncurkan.

Baca juga: Baru Diluncurkan, Xiaomi SU7 Sudah Dipesan 50.000 Unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com