Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik yang Pakai Motor Tahun Ini Bisa Tembus 30 Juta Orang

Kompas.com - 26/03/2024, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku pemudik yang memakai sepeda motor masih menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam memastikan aktivitas mudik Lebaran 2024 yang aman dan nyaman.

Pasalnya, berdasarkan survei yang dilakukan secara internal, masyarakat yang hendak melakukan mudik menggunakan moda kendaraan roda dua tersebut mencapai 30 juta orang.

"Ini memang tantangan bersama karena kondisi seperti Lebaran dan Natal-Tahun Baru motor tak disarankan untuk perjalanan jarak jauh," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati dalam Forum Merdeka Barat 9 yang disiarkan virtual, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Mobil Listrik Baru BMW Meluncur Sore Ini, Sinyal i5

Ilustrasi kemacetan di Jalan Raya Tajur, Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Ilustrasi kemacetan di Jalan Raya Tajur, Bogor, Jawa Barat.

Meski begitu, ia memahami kalau memang ada beberapa kondisi pemudik yang tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan sepeda motor. Tetapi sangat disarankan masyarakat memilih moda transportasi lain.

Adita menyebut, sejatinya mudik memakai motor banyak keterbatasan dalam konteks melakukan perjalanan jauh karena mesin yang kurang mumpuni dan tingkat kelelahan pengemudi.

Belum lagi ketika harus membawa barang bawaan yang cukup banyak. Sering kali, pemudik yang memakai moda ini memaksakan diri hingga akhirnya membayakan diri sendiri dan merugikan pengguna jalan lain.

Baca juga: Mobil Listrik China Kuasai Pasar BEV Nasional Februari 2024

Ilustrasi kemacetan jalanan Jakarta.KOMPAS/PRIYOMBODO Ilustrasi kemacetan jalanan Jakarta.

"Kalau pun harus memakai motor, harus perhatikan kondisi kesehatan. Banyak istirahat, jangan kejar waktu," kata dia.

Dalam mengurangi pemudik pengendara motor, kata Adita, pemerintah pun menyelenggarakan program mudik gratis melalui perusahaan BUMN. Ketentuannya cukup mudah, tapi diakui kuotanya masih terbatas.

"Meski begitu, mudik gratis tahun ini lebih banyak dari sebelumnya," ucap Adita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com