Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis Ringan AC Mobil Sebelum Dipakai Mudik, mulai Rp 200.000-an

Kompas.com - 26/03/2024, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang mau dipakai untuk mudik harus dipersiapkan. Salah satu komponen yang jangan sampe terlewat tapi sering disepelekan adalah memeriksa AC.

Kadang AC yang ada di mobil dianggap baik-baik saja. Cuma kondisinya saat mudik, AC jadi komponen yang bekerja keras, mendinginkan kabin saat terjebak di kemacetan jalan, apalagi saat panas sedang terik.

Jangan sampai AC malah tidak bekerja maksimal saat dibutuhkan. Makanya, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan membawa mobil ke tempat servis AC buat diperiksa kondisinya.

Baca juga: Benarkah Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?

Ilustrasi cek AC mobilKOMPAS.com/ SELMA AULIA Ilustrasi cek AC mobil

M Gunawan, Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99 di Depok, Jawa Barat, mengatakan, servis AC mobil sebaiknya dilakukan paling cepat tiga bulan sekali dan paling telat adalah setiap enam bulan.

"Perawatan berkala dilakukan buat tau kondisi komponen yang ada di AC bekerja dengan baik atau tidak," ucap Gunawan kepada Kompas.com, Senin (25/3/2024).

Komponen yang perlu diperiksa seperti kondisi filter kabin, kinerja motor blower, evaporator, suhu yang dihasilkan, tekanan freon, kerja motor fan depan, belt AC dan mesin, sampai kerja kompresor.

Baca juga: Catat, Program Angkut Motor Gratis buat Mudik Pakai Kereta Api

"Untuk servis ringan, itu mulai Rp 295.000, sudah dapat tambahan freon," ucap Gunawan.

Kalau perawatan AC rutin dilakukan, maka kondisi komponen bisa dimonitor. Kalau terlihat akan habis atau aus, maka saat servis selanjutnya sekalian diganti, biar tidak terlanjur rusak.

"Untuk perbaikan, tergantung komponen apa yang bermasalah. Karena di AC itu ada bagian electrical, komponen utama, dan pendukung. Masing-masing berbeda (biaya perbaikannya) tergantung masalah," ucap Gunawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com