Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 di Indonesia

Kompas.com - 26/03/2024, 06:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi mengumumkan recall untuk dua produk premium yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV), yakni Land Cruiser 300 dan Lexus LX600.

Penarikan kembali unit yang sudah terjual atau recall, dilakukan untuk pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kinerja transmisi otomatis 10-speed pada beberapa model tertentu.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, pihaknya menemukan adanya potensi masalah di dalam transmisi otomatis 10-speed kedua Premium Luxury SUV tersebut, sehingga wajib dilakukan perbaikan untuk mencegah munculnya kendala safety.

"Kami meminta pelanggan agar mengecek mobilnya apakah ada di dalam daftar recall dan berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk reprogamming ECU transmisi tanpa ada biaya apapun," ucap Henry dalam keterangan yang disitat dari situs resmi Toyota, Senin (25/4/2024).

Baca juga: Bahaya Sepelekan Kerikil yang Menempel di Alur Ban Mobil

Toyota Land Cruiser 300TAM Toyota Land Cruiser 300

Recall dilakukan untuk Toyota Land Cruiser 300 yang diproduksi pada periode Juli 2021 sampai Januari 2024. Sementara untuk Lexus LX600, produksi Januari 2022 sampai Januari 2024.

Dijelaskan, pada beberapa model tersebut memiliki kemungkinan masalah cakram kopling di dalam transmisi otomatis 10-speed.

Ketika tuas transmisi digeser ke posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling, cakram kopling tidak segera terlepas dari pelat, sehingga memungkinkan sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda.

Jika kondisi ini terjadi saat kendaraan berada di permukaan yang datar, khususnya ketika pengemudi tidak menggunakan rem parkir, dapat membuat kedua SUV tersebut merayap ke depan secara tidak sengaja dengan kecepatan rendah hingga sekitar 6 kpj.

Baca juga: Bengkel Diduga Penipu Mobil Eks Taksi Terkenal karena Murah

Untuk mengatatasi hal tersebut, bengkel resmi Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan dan reprogramming ECU. Sementara estimasi waktu pengerjaan sekitar 30 menit tanpa harus mengganti suku cadang apapun.

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, seluruh proses pemeriksaan hingga final check tidak dipungut biaya alias gratis. Pemilik mobil juga bisa menghubungi jaringan bengkel resmi terdekat untuk melakukan booking.

Lexus LX600www.lexus.co.id Lexus LX600

"Kami berusaha untuk menjalankan proses recall mobil Toyota dan Lexus dengan cara yang paling tidak memberatkan customer. Untuk itu, kami memohon kesediaan pelanggan untuk mengecek status kendaraan miliknya," ucap Anton.

Untuk model Toyota, konsumen dapat mengecek pada https://toyota.astra.co.id/ssc, Toyota Customer Care 1-500-315, atau Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) via Whatsapp 0811-1500-315. Sementara Lexus, dapat menghubungi Lexus Contact Center +62-21390-9999 atau melalui Whatsapp +62-821-80-900-900.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com