Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulasi Mudik Pakai Toyota Calya, Bisa Melaju sampai Mana?

Kompas.com - 26/03/2024, 04:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, melakukan mudik dengan mobil pribadi bisa pilihan yang tepat. Salah satu jenis kendaraan populer yang biasa digunakan adalah low cost green car (LCGC).

Punya kapasitas tujuh penumpang dan bagasi yang relatif lega, menjadikan LCGC seperti Toyota Calya sebagai mobil favorit saat pulang ke kampung halaman.

Pada ulasan kali ini redaksi akan menghitung seberapa jauh Calya bisa melaju jika diisi BBM penuh atau full tank dalam sekali jalan. Toyota Calya secara spesifikasi punya kapasitas tangki BBM, yakni 36 liter.

Baca juga: Kurangnya Sopir Truk Berkompeten di Indonesia

Untuk mendapatkan hasil seberapa jauh Calya bisa melaju, jumlah kapasitas akan kalikan dengan konsumsi BBM. Hasil konsumsi ini berdasarkan pengetesan yang sudah kami lakukan di rute jalan beragam.

Konsumsi BBM LCGC tersebut menggunakan transmisi matik adalah 14 Km per liter (kpl) untuk rute dalam kota dan 19 kpl untuk rute tol dalam kondisi konstan.

Tampak Toyota Calya generasi pertamaTAM Tampak Toyota Calya generasi pertama

Artinya secara matematis, satu kali pengisian full tank sebanyak 36 liter, Calya bisa menempuh jarak 684 Km untuk rute tol. Sementara jika memakai konsumsi BBM rute dalam kota, Calya bisa menempuh jarak 504 Km.

Dengan jarak tersebut, dalam satu kali pengisian penuh Calya bisa menempuh perjalanan Jakarta-Yogyakarta yang mencapai 550 Km, atau Jakarta-Madiun sejauh 643 Km.

Baca juga: Catat, Program Angkut Motor Gratis buat Mudik Pakai Kereta Api

Namun perlu diingat, angka konsumsi BBM bisa saja berubah tergantung kondisi. Jika berkaca pada kebiasaan pengemudi. Pemudik yang mengendarai mobil dengan kondisi penuh penumpang dan barang tentu bakal memperoleh hasil beragam.

Sehingga bobot kendaraan jadi lebih berat, yang berakibat konsumsi BBM bisa lebih boros dari hasil pengetesan kami. Terlebih jika jalan yang dilalui dalam kondisi macet, bahkan di tol sekalipun.

Untuk itu ada baiknya, sebelum berangkat mudik, pemilik kendaraan memperhatikan titik-titik tempat berhenti yang ada SPBU untuk mengisi ulang tangki BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com