Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil dengan Sistem Keyless Bukan Berarti Tak Dibekali Anak Kunci

Kompas.com - 25/03/2024, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Keluaran mobil baru banyak mengadopsi sistem keyless sebagai fitur berteknologi tinggi guna meningkatkan keamanan dan kemudahan pengguna.

Dengan sistem keyless maka mobil menjadi lebih aman dari tindak pencurian dan konsumen lebih praktis dalam mengoperasikannya.

Namun, banyak masyarakat mengira mobil dengan sistem keyless hanya dibekali remote sebagai akses masuk mobil dan menyalakan mesin karena berdasarkan namanya sistem ini tidak lagi membutuhkan anak kunci.

Baca juga: Cara Paling Mudah Rawat Keyless Mobil

Lewat keyless pemilik mobil bisa membuka dan menutup pintu hanya dengan menekan tombol yang tersedia.
Foto: Peugeot Lewat keyless pemilik mobil bisa membuka dan menutup pintu hanya dengan menekan tombol yang tersedia.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan biasanya setiap mobil dengan sistem keyless tetap dibekali anak kunci sebagai cadangan ketika dalam kondisi darurat.

“Misal baterai remotenya habis, atau terjadi gangguan sinyal sehingga remote tidak bisa berfungsi dengan baik, maka konsumen membutuhkan alternatif untuk mengakses mobil atau membuka pintu,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (25/3/2024).

Jika diperhatikan mobil-mobil dengan sistem keyless masih terlihat ada lubang anak kunci di pangkal gagang pintunya. Menurut Hardi, itu menandakan anak kunci masih disediakan dan akan berguna pada kondisi tertentu.

Baca juga: Bikin Sistem Keyless dan Start Engine via Remote mulai Rp 1,5 Jutaan

Remote keyless pada Nissan X-TrailKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada Nissan X-Trail

“Cara pengoperasiannya sama seperti kunci manual pada mobil biasa, tinggal dimasukkan dan diputar maka kunci akan terbebas dan pintu bisa dibuka dengan mudah,” ucap Hardi.

Perlu diketahui keberadaan anak kunci tersebut kerap mengecoh penggunanya karena terletak atau menyatu dengan remote keyless. Jika konsumen tidak tahu maka akan mengira perangkat tersebut hanya sebuah remote tanpa anak kunci.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan meski sudah menggunakan sistem keyless bukan berarti pihak pabrikan tidak menyiapkan cadangan anak kunci.

Baca juga: Daihatsu Ayla Pasang Remote Keyless, Mewah Meski Bukan Immobilizer


"Pastinya sudah dilengkapi dengan batang anak kunci pada remotenya, jadi saat darurat seperti baterai habis pemilik mobil masih tetap bisa masuk ke dalam mobil, jangan langsung panik," ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tidak perlu bingung mencari, karena letak anak kunci dibuat menyatu dengan remote. Menurut Didi, untuk mengeluarkan anak kunci cukup cari tombol kecil pada bagian remote yang biasa terletak di bagian belakang.

Dengan demikian, anak kunci bisa dilolos dan dipergunakan secara manual untuk membuka pintu mobil. Perlu diketahui remote pada sistem keyless menggunakan baterai sebagai sumber tenaga. Bila dayanya sudah habis maka remote tidak bisa digunakan.

Nah, untuk mengantisipasi kondisi tersebut pabrikan sudah menyediakan langkah alternatif untuk membuka pintu mobil dengan sistem keyless tanpa membuat susah penggunanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com