Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Paimaham Rilis 2 Bus Baru, Pakai Stabilizer

Kompas.com - 19/03/2024, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Perusahaan otobus (PO) Paimaham meluncurkan dua unit bus baru untuk memperkuat layanan bus AKAP. Keduanya akan gunakan untuk melayani perjalanan kelas non-ekonomi. 

Sama seperti unit sebelumnya, bus anyar milik PO Paimaham tampil atraktif dengan kelir dasar biru muda. Kemudian eksterior bus juga dipercantik dengan permainan warna kuning pada beberapa aksen bodi dan livery garis kuning dan biru tua.

Tidak ketinggalan disematkan pula logo Mercedes Benz yang menjadi tanpa bahwa bus ditopang oleh sasis Mercedes Benz OH 1626 M/T. Lalu ada juga siluet gambar ikan pada area bodi samping dan depan bus.

Secara keseluruhan, baru milik PO asal Medan tersebut tampil mewah dengan konsep modern dan fasilitas yang lengkap. Kedua bus menggunakan balutan bodi H8 Facelift buatan Karoseri Tentrem.  

Baca juga: Penjualan Motor Jelang Lebaran Tahun Ini Diprediksi Turun

Stabilizer di bus baru PO PaimahamInstagram @tentrembusofficial Stabilizer di bus baru PO Paimaham

Baca juga: Ngabuburit Sambil Naik Bus Gratis Keliling Tangerang

Uniknya, bus ini menggunakan Body Traction Stabilizer (BTS), yakni sebuah inovasi desain bus dari karoseri Tentrem. Perangkat BTS ini dipasang khusus untuk sasis dengan suspensi udara tipe narrow, terutama Mercedes Benz OH 1626.

Karoseri Tentrem mengklaim, penggunaan BTS ini mengurangi efek limbung yang biasa muncul di sasis ini. Teknologi ini disematkan pada area bawah sasis bus. 

Bus baru PO PaimahamInstagram @tentrembusofficial Bus baru PO Paimaham

Masuk ke bagian kabin, bus tampil dengan interior nuansa gelap yang elegan. Kemudian kabin juga dilengkapi dengan sekat pemisah antara ruang penumpang dan ruang kru bus, TV serta toilet. Kemudian, bangku penumpang hadir dengan model legrest jumbo konfigurasi 2-2.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com