Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Beli Tiket Bus AKAP Jelang Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 19/03/2024, 08:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak masyarakat yang memilih menggunakan layanan Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) untuk mudik Lebaran.

Bahkan, membeli tiket bus sejak awal bulan Ramadhan untuk mengatasipasi kehabisan tiket. 

Namun, sebelum membeli ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan menyenangkan. Berikut daftarnya:

Baca juga: Komunitas Toyota Uji Yaris Cross Hybrid, Tembus 33 Kpl


1. Waspada dengan PO baru

Bagi pemudik yang akan menggunakan layanan Bus PO baru, sebaiknya melakukan pengecekan latar belakang PO bus, sehingga jika mengalami masalah harus tahu akan lapor ke pihak yang tepat.

“Sebaiknya waspada dengan nama PO baru, sebab kita tidak tahu apakah pelayanannya sudah tepat atau belum,” kata salah satu Agen tiket bus AKAP Murni Jaya kepada Kompas.com belum lama ini.

Dia juga menghimbau untuk memanfaatkan layanan internet untuk mencari tahu latar belakang PO bus, seperti alamat PO bus hingga nomor penting PO bus.

Hal ini bisa memberikan keuntungan jika terjadi masalah dan ingin melaporkan kendala tersebut.

Baca juga: Jelang Lebaran, Ekspor Mobil Rakitan Indonesia Mulai Naik

2. Perhatikan tanggal dan titik keberangkatan

Bagi pemudik pastikan juga memastikan tanggal keberangkatan dan titiknya sesuai dan tidak ada masalah.

“Mau beli tiket online atau lewat agen tiket tidak masalah, namun jangan lupa pastikan tanggal keberangkatan, titik keberangkatan dan titik tujuan sudah sesuai atau belum. Jangan pernah beli dari calo karena harganya akan lebih mahal,” kata agen tiket bus AKAP Murni Jaya.

Baca juga: AISI: Pencurian Baterai Motor Listrik Adalah Kasus Baru

3. Perhatikan promo tiket bus

Saat musim mudik Lebaran biasanya akan banyak promo tiket yang diberikan oleh PO bus, sehingga diharapkan calon penumpang harus teliti. Sebab, biasanya PO memberikan promo di tanggal tertentu.

“Pada saat musim mudik Lebaran biasanya setiap PO ada promo atau harga tiket yang beragam. Maka dari itu penumpang harus jeli promo tersebut berlaku untuk tanggal berapa, sebab beberapa PO memberikan promo tiket bus AKAP musim Lebaran yang berlaku di tanggal tertentu,” kata agen tiket bus PO ANS kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Penjualan Motor Jelang Lebaran Tahun Ini Diprediksi Turun

4. Pastikan data diri

Calon penumpang yang membeli tiket bus AKAP, diharapkan untuk mematikan data diri yang tercantum benar dengan kartu identitas.

5. Perhatikan kapasitas barang bawaan yang diperbolehkan

Pemudik ketika membeli tiket bisa menanyakan kapasitas barang bawaan yang boleh dibawa saat mudik Lebaran dengan bus AKAP pilihannya.

“Perhatikan juga barang bawaan yang ingin ditaruh di bagasi luar bus. Untu di PO ANS akan memberikan kapasitas maksimal 20 kg secara gratis untuk setiap penumpang,” kata agen tiket bus PO ANS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com