Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Ford Ecosport Jalan Cuma Pakai Pelek Tanpa Ban

Kompas.com - 18/03/2024, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan mobil Ford Ecosport melaju dalam kondisi ban pecah.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @infodepok, tampak mobil Ford Ecosport melaju dengan kondisi ban kanan depan yang pecah. Disebutkan bahwa kejadian itu terjadi di Jalan Margonda Depok.

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan pengemudi tersebut memacu kendaraan meski ban kanan depannya pecah.

Baca juga: Bastianini Yakin KTM Jadi Lawan Terkuat Ducati Musim Ini

“Ternyata mobil ini melintas di Jalan Margonda arah Depok dengan keadaan ban depan kanan pecah tetap terus melaju dikendarai oleh sang supir,” tulis akun tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, mobil yang mengalami pecah ban akan rawan alami kecelakaan jika terus dipaksa berkendara.

@infodepok Sebelum kejadian Parung Bingung, ternyata mobil ini melintas di Jalan Margonda arah Depok dengan keadaan ban depan kanan pecah tetap terus melaju dikendarai oleh sang supir. #infodepok ? suara asli - Info Depok

“Ban yang kempes habis itu dindingnya melipat-lipat bahkan bisa sampai tergerus dan peleknya akan beradu dengan aspal,” kata Sony.

“Saat dijalankan keseimbangannya juga sudah hilang rawan selip karena tidak mendapat grip sama sekali, tinggi kanan dan kiri sudah berbeda dan arah lajunya jadi tidak terkontrol,” lanjutnya.

Baca juga: Kemenhub Mulai Cek Kelayakan Bus Jelang Lebaran 2024

Menurut Sony, saat mobil alami ban pecah ada baiknya pengendara segera menepi dan mengganti ban agar perjalanan aman.

“Bisa sih mobil tetap jalan ketika ban pecah, tapi pasti ada komponen yang rusak. Yang benar segera berhenti untuk diganti supaya perjalanan aman,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com