Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 2026 Ada Balapan Motocross Listrik Bareng MXGP

Kompas.com - 15/03/2024, 18:06 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motocross World Championship atau MXGP akan memiliki balapan pendukung yang pakai motor listrik berbasis baterai di 2026 dengan nama MXEP.

Dikutip dari Visordown, balapan motocross listrik ini akan berlangsung lima sampai enam seri di Eropa. Semua balapannya bersamaan dengan MXGP dan MX2 Grand Prix, jadi seperti ada jadwal tambahan.

CEO Infront Moto Racing, promotor MXGP David Luongo mengatakan, beberapa tahun kebelakang banyak pengembangan motor ke arah elektrifikasi, maka waktunya tepat buat memperkenalkan kompetisi motocross listrik.

Baca juga: MXGP 2024 Bisa Jadi Semangat Pebalap Motocross Muda Indonesia

Motor trail listrik Honda CR Electric ProtoDok. Honda Global Motor trail listrik Honda CR Electric Proto

"Saya rasa ini waktu yang tepat buat menyajikan balapan yang didedikasikan buat motor listrik. Kami tidak mau mencampur motocross listrik dengan konvensional, dilihat dahulu seperti apa teknologinya akan berkembang," ucap David.

Rencananya baru di 2026 balap motocross listrik akan berlangsung, berkolaboarsi dengan FIM dan pabrikan. Mengingat sekarang baru ada satu pabrikan yakni Honda yang punya motocross listrik dan sudah dicoba di kompetisi All Japan Motocross Championship tahun lalu.

Baca juga: Pertamina Lubricants Gandeng VR46 Agency untuk Masuk Pasar Eropa


"Jarak dua tahun ini kami gunakan untuk berdiskusi dengan FIM dan pabrikan, menyaut aturan untuk motornya seperti apa. Hadirnya balapan ini juga melengkapi MXGP, jadi pabrikan punya basis bat mengembangkan produk yang sudah ada di pasaran," ucap David.

Memang belum pasti pabrikan besar apa lagi yang akan ikut MXEP selain Honda. Terakhir ada Stark Future, cuma sebelum berita ini naik, mereka berniat buat berkompetisi langsung dengan motocross yang konvensional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com