Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Motocross Triumph TF 250-X, Motor Trail Kompetisi

Kompas.com - 30/11/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Triumph akhirnya membocorkan spesifikasi motocross terbarunya, yakni TF 250-X. Triumph mulai mengembangkan motor trail buat kompetisi ini beberapa tahun terakhir.

Dikutip dari Visordown, sebenarnya motocross Triumph ini baru akan diluncurkan, Desember 2023. TF 250-X rencananya akan berpartisipasi di kompetisi Motocross World Championship, AMA Supercross, dan Pro Motocross di 2024.

Salah satu yang krusial dari motocross adalah bagian suspensi, Triumph memercayakan ke merek yang sudah mumpuni. Suspensi pakai KYB, model AOS 48 mm dan di belakang model monoshock dengan three-way piggyback.

Baca juga: Gambar Digital Triumph Speedmaster 400, Lawan Royal Enfield Meteor

Triumph TF 250-X resmi diperkenalkanVISORDOWN.com Triumph TF 250-X resmi diperkenalkan

Pada bagian pengereman, cakram pakai buatan Galfer, di depan 260mm dan belakang 220mm dengan kaliper Brembo. Pada bagian setang, pakai Pro-Taper ACF dari karbon dan grip dari ODI.

Soal sasis, pakai aluminium dengan model yang disesuaikan dari masukan para juara MXGP. Jadi bagian terbaik dari pengalaman tersebut diwujudkan jadi sasis buat TF 250-X.

Pada bagian mesin, pakai forged aluminium piston, katup dari titanium dan sudah dilapis DLC atau diamond-like carbon. Penutup dari magnesium yang ringan, kopling pakai Exedy Belleville.

Baca juga: Ini Perbedaan Mobil FWD dan RWD Saat Oversteer


Uniknya, karakter dari mesin ini bisa disetel pakai aplikasi MX Tune Pro yang ada di telepon pintar. Jadi pada bagian setang, sangat simpel tombol-tombolnya, fokus buat kompetisi.

Tersedia juga aksesori yang lengkap, seperti knalpot full system dari Akrapovic, X-trig holeshot, modul launch control, dan sebagainya. Triumph tampak serius buat menggarap segmen motocross.

Steve Sargent, Chief Product Manager Triumph Motorcycles bilang, peluncuran TF 250-X merupakan komitmen dan investasi dari Triumph. Jadi bukan cuma meluncurkan motor, melainkan menyediakan paket yang lengkap.

Baca juga: Lelang Nissan Silvia S15 dan BMW M3, Limit mulai Rp 600 Jutaan

"Kami fokus menawarkan paket paling komplet untuk semua kalangan, dari profesional sampai pemula. Motor ini 100 persen Triumph, dimulai dari kanvas kosong, dibuat dari nol, mesin, sasis, sampai elektronik baru," kata Steve.

Ricky Carmichael, mantan pebalap motocross yang ikut mengembangkan motor ini, bilang bahwa TF 250-X motor yang luar biasa.

"Bicara soal sasis, mesin, sampai komponen, TF 250-X menawarkan semua yang kalian inginkan. Baik profesional maupun pemula, tidak akan kecewa dengan motor ini," kata Ricky.

Triumph mengumumkan ke depannya akan ada 300 pusat motocross resmi sampai akhir 2024. Soal harga, TF 250-X dibanderol mulai dari 9.795 poundsterling atau sekitar Rp 190 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com