Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Siap Ikuti Kejuaraan Motocross, Motornya Masih Rahasia

Kompas.com - 26/12/2023, 17:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati sudah mengumumkan pihaknya untuk pertama kalinya akan mengikuti kejuaraan motocross. Namun, hingga kini belum ditampilkan ke publik motor yang akan digunakan.

Ducati selama ini selalu dikenal dengan sepeda motornya yang berfokus pada performa jalan raya. Dimulai dengan jajaran model Panigale hingga Scrambler, pabrikan asal Borgo Panigale ini juga membuktikan kesuksesannya di World Supersport (WorldSSP), World Superbike (WorldSBK), dan MotoGP.

Baca juga: Ducati Indonesia Bakal Bawa Panigale Replika Juara Dunia

Dikutip dari Rideapart.com, Selasa (26/12/2023), pada Oktober 2023, Ducati mengejutkan dunia saat mengumumkan debutnya di Kejuaraan Motocross Italia 2024. Selain itu, masuknya merek ini ke dunia motocross akan melahirkan serangkaian motor off-road baru yang ringan.

Ducati akan memasuki segmen motocross dengan kehadiran Borgo PanigaleDok. Ducati Ducati akan memasuki segmen motocross dengan kehadiran Borgo Panigale

Untuk balap motorcross, Ducati telah menciptakan motor trail 450 cc, silinder tunggal. Mesin ini membutuhkan waktu dua tahun untuk dikembangkan dan diproduksi.

Namun, motor trail ini belum dipamerkan ke publik. Ducati pun belum merilis detail data spesifikasinya. Hanya diketahui kapasitas mesin yang digunakan.

Baca juga: Investasi Besar, Yamaha Rekrut Eksper dari Ducati

Ducati akan memperkenalkan motor trail terbarunya beserta tim balap motocross pada Januari 2024Dok. Ducati Ducati akan memperkenalkan motor trail terbarunya beserta tim balap motocross pada Januari 2024

Selain itu, juara dunia MX sembilan kali Antonio Cairoli juga dipercaya untuk membantu melakukan pengembangan terhadap motor trail tersebut.

Ducati telah mengisyaratkan peluncuran motor barunya di Campioni di Pista yang dijadwalkan pada 21-23 Januari 2024. Selain melakukan peluncuran motor, Ducati kabarnya juga berencana untuk memperkenalkan tim motocross terbarunya.

Bos Ducati, Paolo Ciabatti.MOTOGP.com Bos Ducati, Paolo Ciabatti.

Belum lama ini, Ducati juga sudah mengumumkan bahwa Paolo Ciabatti akan bertanggung jawab dmatas divisi off road yang baru dibentuk ini. Sebelumnya, Ciabatti menjabat sebagai Direktur Olahraga Ducati Corse dan banyak mengurus tim pabrikan Ducati di MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com