Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menghindari Calo Tiket Bus Menjelang Mudik Lebaran

Kompas.com - 12/03/2024, 07:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menjelang masa mudik Lebaran 2024, banyak masyarakat yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di kampung halaman menggunakan bus sebagai alat transportasi.

Kondisi seperti ini sering kali dimanfaatkan oleh para calo yang mencoba memanfaatkan situasi, biasanya mereka mencari keuntungan dengan cara menjual tiket bus dengan harga yang jauh di atas harga normal.

Tidak jarang, tiket yang dijual calo tersebut jadwal keberangkatannya tidak jelas atau fasilitas yang ditawarkan tidak sesuai. Hal ini tentu sangat merugikan bagi calon penumpang.

Baca juga: Video Viral, Pengendara Motor Terbang di Sitinjau Lauik karena Rem Blong

Masih banyak pemudik yang pulang ke kampung halamannya saat arus balik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan, Selasa (25/4/2023).KOMPAS.com/RIZKY SYAHRIAL Masih banyak pemudik yang pulang ke kampung halamannya saat arus balik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan, Selasa (25/4/2023).

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, agar terhindar dari calo ada tipsnya, pertama pastika penumpang sudah membawa tiket saat di terminal, mengingat saat ini sudah banyak aplikasi pesan tiket bus secara online.

“Kedua, jangan kasih info apa-apa ke orang tidak dikenal di terminal,” kata Dimas kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Di Indonesia Truk Makin ODOL Dianggap Makin Bagus


Apabila datang ke terminal tanpa tiket bus, jangan menanggapi pertanyaan orang asing mengenai kota yang ingin dituju. Penumpang bisa sebut nama PO yang terkenal dan pura-pura sudah memiliki tiket.

“Bilang saja saya mau naik bus “X”, sudah pesan tiket di kantornya. Harus kelihatan fokus juga, jangan nge-blank,” kata Dimas.

Selanjutnya, jika pertama kali ke terminal tersebut pastikan jangan sendirian. Usahakan untuk meminta bantuan petugas atau jalan bersama penumpang lain agar ditemani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com