Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laris di Jawa, Sasis Bus Hino RM280 Sasar Otobus Sumatera dan Sulawesi

Kompas.com - 10/03/2024, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hino menyebut penjualan sasis bus Hino RM280 diminati banyak perusahaan otobus. Sasis bus besar dengan mesin belakang dan menggunakan space frame ini tangguh buat perjalanan jauh.

Chief Operating Officer Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo, mengatakan, geliat pertumbuhan penjualan bus terjadi sejak akhir tahun lalu dan bertahan sampai awal tahun ini.

Baca juga: Suzuki Pilih Impor daripada Rakit Lokal Jimny 5 Pintu

"RM280 bagus. Kita Kita sampai sekarang udah jual sekitar 1.500 unit dari Euro 4," ujar Santiko di pameran khusus kendaraan komersial, Giicomvec 2024, di Jakarta, belum lama ini.

Kabin Bus Hino RM 280 dengan bodi Jetbus 3+ MHD Single GlassDOK. ADIPUTRO Kabin Bus Hino RM 280 dengan bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass

Santiko mengatakan, penyerapan paling banyak masih di Pulau Jawa tapi berangur perusahaan otobus (PO) asal Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, mulai banyak yang memesan.

"Tetap di Jawa, tapi kami bergerak ke Sumatera. Sumatera sudah mulai seluruh kota ada yang ambil dan saya ke Samarinda (Kalimantan), dan dari Sulawesi (PO) Bintang Sahira. Kemarin saya sudah ketemu itu dan mereka sudah langsung beli tiga unit," ujarnya.

Santiko mengatakan, pasar Sulawesi juga cukup potensial karena saat ini di sana sedang mengalami ledakan pertumbuhan.

Baca juga: Senin Besok, Ganjil Genap Jakarta Ditiadakan

Kabin Bus Hino RM 280 dengan bodi Jetbus 3+ MHD Single GlassDOK. ADIPUTRO Kabin Bus Hino RM 280 dengan bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass

"Karena memang kebutuhan di Sulawesi ini ternyata di Makassar ya khususnya itu menarik. Banyak sekali orang-orang dari Makassar ke Morowali dan memang orang buruh-buruh Morowali itu bukan dari Morowali, mungkin dari Jawa atau dari Makassar," katanya.

"Saya juga tanya, kenapa harus dari Makassar, kenapa bukan dari Palu? kan ada bandara juga, kelihatannya memang dari Jawa dari Jawa kan pasti deketnya ke Makassar," ujar Santiko.

Santiko menjabarkan, perjalanan dari Makassar ke Morowali butuh waktu yang tidak sedikit. Untuk itu pengusaha bus perlu sasis dan mesin yang lengkap, tangguh dan kencang serta perawatan mudah.

Baca juga: Perkawinan Dini dan Klenik dalam Novel Damar Kambang

Sasis bus Hino R260tribunnews.com Sasis bus Hino R260

"Makassar ke sana (Morowali) bisa tiga hari loh perjalanannya, 1.500 Km, bolak balik bisa 3.000 km," ujar Santiko.

Sasis bus Hino RM280 meluncur pada 2022. Saat diluncurkan produk ini sudah sesuai dengan standar emisi Euro4 dan jadi sasis bus besar Hino pertama yang menggunakan space frame.

Keunggulan dari space frame adalah bagasinya yang bisa dibuat tembus dari kanan ke kiri. Model sasis seperti ini disukai karena bisa mengangkut lebih banyak barang karena bagasinya yang lega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com