Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kendaraan Niaga Lesu, Wuling Masih Pede Jualan Formo Max

Kompas.com - 08/03/2024, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Formo Max masih menjadi kendaraan andalan Wuling Motors (Wuling) dalam bersaing di segmen ini.

Bahkan, Wuling optimistis penjualan Formo Max ini tetap alami peningkatan kendati kondisi pasar kendaraan niaga yang sedang tidak stabil.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan mobil pikap secara wholesales selama Januari – Desember 2023 sebanyak 116.986 unit. Namun sepanjang 2023, setiap bulannya penjualan Formo Max bergerak secara fluktuatif.

Sementara pada tahun sebelumnya dengan periode yang sama, total penjualan pikap sebanyak 149.726 unit. Artinya ada penurunan total penjualan pikap dari tahun 2022 sekitar 21 persen. Sementara itu, sepanjang 2023 Wuling Formo Max membukukan penjualan sebanyak 1.319 unit.

Baca juga: Hino Resmikan Fasilitas Uji KIR di Giicomvec 2024

“Kendati penjualan kendaraan niaga secara Nasional sedang lesu, kendaraan niaga kalau dari kami sendiri setiap tahunnya alami pertumbuhan. Memang belum besar tapi pertumbuhan itu ada. Maka dari itu kita luncurkan Formo Max di awal tahun lalu, tadinya kita hanya punya Wuling Formo saja,” kata Brian Gomgom, Public Relations Manager Wuling Motors kepada Kompas.com di Giicomvac 2024, Kamis (8/3/2024).

Pikap Formo Max sendiri diluncurkan pada awal tahun 2023 lalu yang memiliki area kargo yang terluas di kelasnya Performa pikap ini didukung mesin 4 silinder berkapasitas 1.500cc dengan transmisi manual 5-percepatan.

Pikap Wuling Formo Max di Giicomvec 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Pikap Wuling Formo Max di Giicomvec 2024

Baca juga: Adu Harga Hatchback Bulan Ini, Mana yang Paling Murah?

Pikap ini juga dibekali berbagai fitur berkendara seperti Electric Power Steering, Foldable Remote Key, head unit dengan radio dan USB, adjustable headrest, hingga Power Windows.

Fitur keselamatannya terdiri dari rem cakram pada roda depan, sistem pengereman ABS & EBD, sabuk pengaman dengan sistem penarik dan penguncian otomatis, seat belt reminder pengemudi, hingga alarm anti pencurian.

Formo Max hadir dengan varian Standard dan AC. Terkait target penjualan untuk di tahun 2024 ini, Brian mengatakan masih belum bisa menyebutkan secara detail.

“Kalau target tahun ini untuk penjualan Wuling Formo Max kita masih belum ada angka pasti. Kemarin 2023 penjualan Formo Max menyumbang 8,8 persen untuk Wuling, angka ini cukup besar walaupun pasar turun kami ada kenaikkan,” kata Brian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com