Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Sasis Baru Mercedes-Benz O500RSD 2445, Punya ADAS

Kompas.com - 08/03/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) resmi meluncurkan sasis bus baru di Giicomvec 2024. Bukan cuma OH 1626L dengan standar emisi Euro 4, DCVI memboyong sasis tronton O 500 RSD 2445 Euro 5.

Sasis tronton atau 6x2 memang sedang marak digunakan para perusahaan otobus (PO). Apalagi buat PO yang punya trayek jarak jauh dan infrastruktur jalannya sudah baik.

Bicara soal 2445, mesin yang digunakan punya kode OM 406 LA, dipasang di belakang. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 449 TK di 1.800 RPM dan torsi 2.200 Nm di 1.100 RPM. Transmisi yang digunakan ZF TraXon AMT 12 percepatan.

Baca juga: Layanan SIM di Jakarta Tutup Saat Libur Hari Raya Nyepi 2024

Sasis bus premium terbaru Mercedes Benz O 500 RSD 2445KOMPAS.com/FATHAN Sasis bus premium terbaru Mercedes Benz O 500 RSD 2445

Bukan cuma spesifikasinya yang mumpuni, sasis yang bisa dipakai buat bodi bus tingkat ini dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Pertama ada Anti-lock Braking System (ABS) yang ada Active Brake Assist (ABA) 5, sistem rem otomatis saat ada objek yang tiba-tiba muncul.

Jadi sasis bus premium Mercedes-Benz ini sudah dilengkapai Advance Driver Assistance System (ADAS) yang canggih. Mulai memakai radar dan kamera, ditambah sensor untuk keselamatan saat perjalanan.

Sasis 2445 juga sudah dilengkapi Adaptive Cruise Control (ACC) makin nyaman dan aman buat perjalanan jauh.

Lalu, bus premium ini juga dilengkapi Lane Departure Warning System (LDWS). Sistem tersebut mengingatkan pengemudi kalau keluar dari jalur tanpa sadar, jadi ada pengingat lewat getaran yang dirasakan.

Baca juga: Daimler Rilis Bus dan Truk Baru Euro 4 dan 5 di Giicomvec 2024

Sasis bus premium terbaru Mercedes Benz O 500 RSD 2445KOMPAS.com/fathan Sasis bus premium terbaru Mercedes Benz O 500 RSD 2445

Kemudian, dipasang juga teknologi Electronic Stability Program (ESP). Sistem yang menjaga keseimbangan bus di kondisi ekstrem, bisa mengurangi output tenaga sampai mengatur pengereman.

Sasis terbaru dari Mercedes-Benz ini sudah lolos standar emisi Euro 5 berkat memakai SCR. Soal harga, 2445 dibanderol mulai Rp 2 miliaran, tergantung model yang dipilih dan fitur keselamatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com