Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ancam Pecat Sales yang Masih Goreng Harga Jimny

Kompas.com - 08/03/2024, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comJimny 5 pintu bagai pisau bermata dua buat Suzuki. Secara penjualan bagus tapi citra perusahaan tercoreng karena isu "goreng-gorengan" harga yang dilakukan oleh wiraniaga atau sales.

Minimnya pasokan ketimbang besarnya permintaan membuat produk terbaru Suzuki ini jadi barang "aji mumpung." Mobil dijual lebih tinggi dari harga resmi, dan siapa yang berani beli bisa dapat unit lebih cepat.

Baca juga: Bakal Banyak Bus Listrik di Pameran Busworld 2024

Seperti diketahui, ketika meluncur Jimny 5 pintu dibanderol dengan harga Rp 462 juta sampai Rp 478,6 juta. Namun oleh sales kemudian didongkrak Rp 50 jutaan mulai dari Rp 492 juta sampai Rp 528,6 juta.

Suzuki Jimny 5 pintu di IIMS 2024KOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki Jimny 5 pintu di IIMS 2024

Dony Ismi Saputra, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, harga resmi Jimny 5 pintu ialah harga yang dijabarkan Suzuki di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Baca juga: Daihatsu Sebut Skandal Gran Max Tak Pengaruhi Penjualan

"Terkait goreng-gorengan Jimny, harga yang resmi adalah harga yang kami umumkan di IIMS, titik. Kedua, kalau ada oknum yang seperti itu sekarang sedang kami tindak lanjuti," ujar Dony di Giicomvec 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Dony mengatakan, jika ada tenaga penjual yang masih bandel dan ketahuan oleh pihaknya maka Suzuki akan lakukan tindakan tegas.

Jimny attachable tent dan dijual resmi di situs Suzuki seharga Rp 9.125.000.Foto: Suzuki Jimny attachable tent dan dijual resmi di situs Suzuki seharga Rp 9.125.000.

Baca juga: Hino Bawa Skuad Lengkap di Giicomvec 2024

"Sikat, dilernya dari mana pecat saja," katanya.

Dony juga mengajak calon konsumen untuk memantau jalannya di lapangan. Jika memang masih menemukan sales yang nakal bisa mengadukan hal tersebut ke Suzuki melalui layanan Halo Suzuki.

"Laporkan saja. Kami ada namanya Halo Suzuki, bisa dikontek 24 jam tidak hanya berkaitan dengan Jimny, masalah apa pun terkait dengan priduk kami, pelayanan kami konsumen bisa komplain," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com