Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen Konsumen Mobil Eropa Seken Tetap Kredit

Kompas.com - 06/03/2024, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil merek Eropa masuk kategori premium karena harganya relatif mahal. Termasuk di bursa mobil bekas, walau seken harga mobil Eropa biasanya masih di atas mobil Jepang pada segmen sama.

Walau harganya masih di atas mobil Jepang, harga purnajual mobil Eropa biasanya turun di pasaran. Atas alasan itu, tak sedikit yang kemudian membeli mobil Eropa seken dengan tujuan dapat gengsi dan kenyamanan.

Baca juga: Tanggung Jawab di Jalan Jadi Masalah Pengendara yang Sulit Dibenahi

Louis Hansen, Marketing Autobahn.id, showroom mobil bekas di BSD City, Tangerang, mengatakan, mayoritas konsumen mobil Eropa bekas di tempatnya tetap beli dengan cara kredit atau dicicil.

Mobil Eropa di bursa mobil bekasFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mobil Eropa di bursa mobil bekas

"Banyak yang kredit, sekitar 70 persen tetap kredit," ujar Louis kepada Kompas.com, di BSD, Tangerang, Selasa (5/3/2024).

Louis mengatakan, saat ini banyak showroom mobil bekas yang menawarkan kemudahan kepada calon konsumen.

"Karena bedanya dengan mobil baru ini kami berikan kemudahan, DP-nya bisa diatur berapa, selama masih bisa dinego berbeda dengan mobil baru yang harganya lebih tetap," ujar Louis.

Baca juga: Banderol LMPV Bekas per Maret 2024, Xenia mulai Rp 85 Jutaan

"Nanti dihitung biasanya DP 15 persen sampai 20 persen. Itu tenornya bisa sampai 5 tahun. DP makin besar, artinya hutangnya makin kecil ke leasing, bunganya semakin sedikit," ujar Louis.

Walau harga mobil asal Eropa mahal, depresiasi atau penurunan harga per tahunnya lebih besar ketimbang merek Jepang.KOMPAS.com/Gilang Walau harga mobil asal Eropa mahal, depresiasi atau penurunan harga per tahunnya lebih besar ketimbang merek Jepang.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Bekas per Maret 2024, Datsun Go mulai Rp 63 Jutaan

Salah satu pebisnis mobil seken di WTC Mangga Dua Joni Gunawan mengatakan, di pasar mobil bekas, ada dua merek yang sampai sekarang masih begitu diminati, yakni BMW dan Mercy.

“Paling banyak peminatnya itu Mercedes-Benz C-Class dan E-Class, juga BMW seri 3 dan seri 5,” ujar Joni.

Dua pabrikan Eropa tersebut punya citra produk yang relatif baik, serta ketersediaan suku cadang yang masih tersedia di pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com