Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Akui Sudah Membidik Segmen MPV dan LMPV di Indonesia

Kompas.com - 02/03/2024, 08:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan mobil listrik asal China Build Your Dreams alias BYD, telah secara resmi menjajaki pasar otomotif Indonesia mulai 15 Februari. Ajang perkenalan ini dilakukan saat gelaran pameran IIMS 2024.

Selain itu, pihak BYD mengaku sudah mengevaluasi pasar Indonesia secara menyeluruh, mulai dari kecenderungan konsumen hingga segmen terfavorit.

Berdasarkan kesimpulan, BYD mengakui jika Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dan Multi Purpose Vehicle (MV adalah segmen paling gemuk yang sangat digemari konsumen Indonesia.

Luther Panjaitan, Head of Marketing BYD Indonesia, menjelaskan, dua segmen itu sudah masuk ke dalam target incaran BYD, dan realisasinya hanya tinggal menunggu waktu.

Baca juga: Perbedaan New Mazda CX-3 Pro dan Sport

MPV listrik BYD Denza D9Kompas.com/Donny MPV listrik BYD Denza D9

MPV memang sedang kita kaji, karena ini satu segmen yang cuma ramai di Indonesia,” ucap Luther saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Dia menjelaskan, mayoritas konsumen di Indonesia memang cenderung menggandrungi mobil dengan dimensi besar. Kapasitas bangku 5-seater sampai 7-seater jadi kategori yang sangat digemari.

Walaupun mibat pasarnya sudah sangat jelas, BYD mengaku ingin lebih konservatif dan menambah data evaluasi pasar, supaya mobil listrik baru di segmen LMPV dan MPV bisa tepat sasaran.

“Kalau MPV itu memang kajiannya harus mendalam, karena ada faktor culture yang sangat mempengaruhi. Ini masih dikaji, tapi sudah ada pandangan untuk ke arah sana,” kata dia.

Baca juga: Baterai NMC Lebih Diminati, BYD Mengaku Tidak Ambil Pusing

BYD hadir pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024Dok. BYD BYD hadir pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024

Untuk diketahui, BYD datang dengan 3 model mobil listrik dengan segmentasi berbeda untuk menyasar banyak ceruk pasar sekaligus, sebagai upaya awal kiprahnya di Indonesia.

Ketiga model yang dihadirkan yakni BYD Dolphin untuk segmen Hatchback, BDY Atto 3 untuk segmen SUV Ringkas, dan BYD Seal untuk segmen sedan. Semuanya merupakan mobil listrik murni dengan baterai berjenis Lithium Ferro Phosphate (LFP).

Semua mobil listrik anyar lansiran BYD juga cukup sukses menggaet minat konsumen Indonesia, terbukti dari banyaknya test drive selama momen peluncuran, serta keran pemesanan juga sudah mulai berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com