Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Janji Hilux Rangga Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 20/02/2024, 09:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan akan meluncurkan kendaraan niaga terbaru, yakni Hilux Rangga pada 2024.

“Jadi kita masih sedikit butuh waktu, tapi kita optimis bahwa Rangga akan meluncur tahun ini,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy di JIExpo, Kemayoran beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Suzuki Pastikan Distribusi Ertiga Hybrid Tidak Akan Mandek

Dia mengatakan, peluncuran Hilux Rangga ke pasar otomotif Indonesia membutuhkan persiapan yang matang dan tidak mudah begitu saja.

Sebelum kendaraan ini resmi diluncurkan di Indonesia, beragam konsep untuk Hilux Rangga telah dipamerkan di berbagai ajang pameran otomotif di tanah air.

Toyota Hilux Rangga di IIMS 2024DOK. PT Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Hilux Rangga di IIMS 2024

Beberapa konsep yang pernah disajikan Toyota untuk kendaraan ini ada, Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Charge Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car.

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Toyota Indonesia menampilkan kendaraan ini tanpa balutan konsep seperti ajang motor show sebelumnya. Hilux Rangga hadir dengan warna putih di hampir semua sisi tanpa adanya decall di setiap sisinya.

Baca juga: Alasan Mobil VinFast Belum Bisa Dites pada IIMS 2024

Toyota memajang kendaraan niaga ini dengan tipe flattdeck three way atau yang biasa dikenal dengan bak dapat dibuka melalui tiga arah. Dengan begitu, pemilik nantinya
akan lebih mudah dalam menaikkan atau menurunkan barang bawaan.

Berbeda dari kendaraan konsep yang ada di IIMS 2024, Hilux Rangga hadir dengan tampilan sederhana. Pada tampak depan hadir dengan grill besar berwarna hitam sehingga terlihat lebih tangguh dan bertenaga.

Sedangkan tampilan dalamnya, menyajikan apa yang dibutuhkan konsumen kendaraan niaga. Seperti menanam bangku yang terlihat memberikan kenyamanan untuk sopir dan juga penumpang meski tidak ada headrest.

Perlu diketahui, Hilux Rangga merupakan keturunan Toyota Kijang Pickup yang sudah ada sejak 1977, dan nama Rangga sendiri diambil dari bahasa Jawa “Ronggo”.

"Seperti arti nama Rangga sebagai Hero atau Pahlawan, Toyota telah menyiapkan suatu ekosistem yang mampu membaca dan memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, serta dapat memberikan banyak kemudahan dalam berbagai bisnis yang sedang atau akan dijalankan," jelas dia.

Sebelumnya Hilux Rangga ini, telah lebih dahulu diluncurkan di Thailand dan juga sempat dipamerkan pada ajang Japan Mobility Show (JMS) tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com