Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2024, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota belum lama ini melakukan recall atau penarikan kembali terhadap lima model sekaligus, yakni Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Total unit yang terdampak lebih dari 300.000 unit.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, bahwa recall bukanlah sesuatu yang negatif dan saat ini konsumen semakin paham mengenai recall.

Baca juga: Voltage Stabilizer Khusus Mobil Sport Tersedia di IIMS 2024

"Sejauh ini positif sekali dari konsumen dan diler responnya positif bahwa Toyota secara transparan menyampaikan recall," ujar Anton di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, saat pembukaan IIMS 2024, pekan lalu.

Toyota ViosKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Vios

"Kedua informasi yang penting bahwa recall ini berbeda dengan isu sebelumnya di Daihatsu mengenai homologasi sertifikasi, sekarang menjadi lebih jelas," ujar Anton.

Toyota melakukan recall bukan berdasarkan keluhan dari konsumen, melainkan temuan dari Toyota sendiri. Temuan tersebut bisa dari pabrikan, pengembangan, dan diler bahwa ada kemungkinan dan itu belum tentu terjadi.

Anton menegaskan bahwa recall merupakan pemanggilan unit kembali untuk dilakukan perbaikan.

Baca juga: Alasan Suzuki Belum Bisa Produksi Baterai Sendiri

Toyota Yaris CrossKompas.com Toyota Yaris Cross

"Mohon dukungan dari media bahwa recall merupakan sesuatu yang baik bahwa kalau ada masalah berhubungan dengan keselamatan dan kualitas kami tak akan ragu melakukan recall," katanya.

"Ini gratis dan tujuan kami adalah mendukung konsumen," ujar Anton.

Adapun lima model yang terdampak yaitu Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Tidak semua unit kena recall. Unit yang terkena recall hanyalah unit yang diproduksi pada periode tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com