Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Targetkan Recall Selesai Paling Cepat Satu Tahun

Kompas.com - 19/02/2024, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota melakukan recall atau penarikan kembali terhadap lima model sekaligus, yakni Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross, dengan total yang terdampak lebih dari 300.000 unit.

Unit yang terkena recall hanyalah unit yang diproduksi pada periode tertentu. Masalahnya meliputi Front Garnish Pillar Clip di pilar, Front Door Side Impact Beam dan Front Shock Absorber Nut.

Baca juga: Simulasi Kredit Chery Omoda 5 di IIMS 2024, mulai Rp 7 Jutaan

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, dari semua mobil yang kena racall mayoritas ialah yang bermasalah pada Front Shock Absorber Nut.

Toyota ViosKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Vios

"Sebenarnya unit yang paling banyak itu unit Nut Suspension itu (sekitar) 169.000 unit. Karena mobilnya relatif masih baru tiga tahun ke belakang biasanya dalam jangka waktu enam bulan sudah 50-60 persen," ujar Anton di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, saat pembukaan IIMS 2024, pekan lalu.

"Semoga dalam satu tahun atau maksimal dua tahun sudah bisa kami lakukan," ujar Anton.

Anton menegaskan Toyota melakukan recall bukan berdasarkan keluhan dari konsumen, melainkan temuan dari Toyota sendiri. Temuan tersebut bisa dari pabrikan, pengembangan, dan diler bahwa ada kemungkinan dan itu belum tentu terjadi.

Baca juga: Perbaikan Terminal Belum Bisa Naikkan Minat Masyarakat Naik Angkutan Umum

Adapun lima model yang kena racall yaitu Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross tidak semua unit yang terdampak melainkan hanya yang diproduksi pada periode tertentu.

Toyota VelozToyota Toyota Veloz

Untuk Sienta, tahun produksi Juni 2016 hingga April 2020, diminta untuk datang ke bengkel resmi Toyota untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan pada Front Garnish Pillar Clip, yang berada di pilar depan (pilar A).

Disebutkan bahwa Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan, karena performa sealer yang kurang maksimal. Hal ini berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric, apabila tidak segera diperbaiki.

Sedangkan untuk Avanza dan Veloz dengan tahun produksi November 2022, bermasalah pada Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya.

Baca juga: AHM Sebut Motor Hybrid Tidak Efektif

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

Apabila tidak segera diperbaiki strukturnya, perangkat keselamatan tersebut berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan mengurangi perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping.

Mengenai Front Shock Absorber Nut, terjadi pada beberapa model, seperti Veloz (tahun produksi Oktober 2021 hingga Agustus 2023), Avanza (tahun produksi November 2021 hingga September 2023), Vios (tahun produksi Juni 2022 hingga Agustus 2023), dan Yaris Cross (tahun produksi Mei 2023 hingga September 2023).

Disebutkan bahwa instruksi pengencangan tidak tepat dan dapat membuat mur menjadi kendur. Sehingga, akan menimbulkan suara yang tidak normal atau bahkan terlepas dan mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika sedang melaju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com