Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mobil VinFast Belum Bisa Dites pada IIMS 2024

Kompas.com - 19/02/2024, 19:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa enam produk sekaligus di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, mobil nasional Vietnam, VinFast belum bisa dites langsung.

Padahal perusahaan sudah menyewa lokasi untuk test drive yang berada tepat di belakang booth-nya, yaitu 6A (Hall A).

Bahkan, pada area dimaksud sudah terdapat VF 5, VF 8, VF 9 berserta charging stationnya, yang tampak siap untuk diuji coba para pengunjung pameran di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Bocoran Harga Wuling Cloud EV, Diumumkan April

Daftar mobil VinFast di IIMS 2024, ada VF5, VFe34, VF8, dan VF9Kompas.com/Daafa Alhaqqy Daftar mobil VinFast di IIMS 2024, ada VF5, VFe34, VF8, dan VF9

"Sekarang untuk car clinic saja. Jadi pengunjung yang mau melihat mobil lebih detil akan diarahkan ke sana (area test drive VinFast)," kata salah satu tenaga penjual saat ditemui Kompas.com, Senin (19/2/2024).

"Karena diler kita belum ready. Ketika diler sudah running, baru kita dapat melakukan tes (test drive)," lanjut dia.

Pernyataan serupa juga datang dari tenaga penjual lain. Meski demikian, ia mengaku sudah cukup banyak pengunjung yang melakukan pemesanan unit.

"Benar, belum bisa tes tapi sudah banyak yang SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) meski belum test drive," kata dia.

Baca juga: Siapkan Rp 5 Juta untuk Pesan Mobil VinFast di IIMS 2024

VinFast resmi debut di Indonesia pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2/2024)dok.VinFast VinFast resmi debut di Indonesia pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2/2024)

Sementara itu, Direktur Penjualan dan Jaringan VinFast Indonesia Surachman Nugroho menjelaskan, bahwa tidak adanya test drive di IIMS 2024 karena memang strategi perusahaan.

"Saat ini kami baru di fase brand launching, jadi produk masih tahap dikenalkan dulu ke publik," ujar dia.

"Nanti ada tahap selanjutnya untuk media test drive maupun potensial customer test drive dan official launching," tambah Surachman.

Diketahui, VinFast pada hari pertama IIMS 2024 melakukan peresmian masuk ke pasar dalam negeri.

Baca juga: Jadi yang Termahal, Suzuki Ertiga Hybrid Cruise Belum Pakai Lampu LED

Perusahaan mengatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu mitra negara penting untuk menjalani strategi penetrasi di kancah internasional.

Sehubungan dengan itu, VP of Sales Asia Market VinFast Zachary Mark Hollis memastikan bahwa Tanah Air akan dijadikan basis produksi untuk mobil listrik VinFast setir kanan.

Adapun produk yang dibawa sangat lengkap dari segmen A-SUV sampai E-SUV, yaitu VF 5, VF e34, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9. Dikatakan juga mobil tersebut merupakan model masa depan yang akan dihadirkan di Indonesia secara bertahap.

"Semua sudah setir kanan. Indonesia adalah negara pertama bagi VinFast dalam memperkenalkan kendaraan listrik setir kanan," ucapnya.

"Ke depan kita akan membangun pabrik manufaktur kendaraan listrik di Indonesia yang bisa memproduksi hingga 50.000 unit per tahun. Melalui langkah tersebut tentu akan ada penyerapan tenaga kerja," kata Mark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com