Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Canggih Kendaraan Raksasa Amphibious M3I di IIMS 2024

Kompas.com - 18/02/2024, 19:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Amphibious M3I menjadi salah satu kendaraan yang menuai perhatian pengujung IIMS 2024. Tidak hanya fisiknya saja yang mencolok, kendaraan amfibi tersebut juga punya beragam fitur yang menarik. 

Sersan kepala Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 9 Kostrad, Afrianus Susanto Oi mengatakan, kendaraan ini punya fungsi sebagai jembatan penyebrangan apabila bagian atapnya dibuka. Sementara itu, kapasitas daya tampung bisa mengangkut berat di atasnya yakni 80 ton.

"Kalau kita melakukan operasi atau latihan, apabila ada kendala seperti danau atau sungai, dia bisa dijadikan jembatan seperti kapal ferry sehingga mobil personil bisa menyebrang. Untuk buka tutup bagian atapnya menggunakan sistem hidrolik dari dalam, driver yang akan mengendalikan tombol-tombolnya," kata Afrianus kepada Kompas.com di IIMS 2024, Minggu (18/9/2024). 

Baca juga: Dijual Rp 29 Jutaan, Gesits Garuda Edisi Spesial Meluncur di IIMS 2024

Afrianus juga mengatakan, ban kendaraan ini punya keunikan dimana sistemnya bisa memompa atau mengempesakan sendiri. Sehingga, saat hendak dipakai di jalan raya  kemudian tekanan udara ban bisa diatur sendiri. 

"Pada saat menjadi amfibi, tinggal kita atur lagi ingin berapa angin yang dikurangi," katanya. 

M3I Amphibious di IIMS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI M3I Amphibious di IIMS 2024

Baca juga: Intip Modifikasi Honda Freed Spike Gofar Hilman di IIMS 2024

Adapun untuk bahan bakar, kendaraan punya kapasitas Dexlite 400 liter. Kemudian, untuk bisa buka penutupnya, kendaraan ini harus punya Dexlite minimal 50 liter. 

"Maka dari itu untuk persiapan pada ajang ini, sebelumnya kita sudah mengisi BBM dengan penuh agar tidak repot nantinya kalau kehabisan," kata Afrianus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com