Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG Bicara Kemungkinan ES EV dan Maxus 9 Diproduksi Lokal

Kompas.com - 16/02/2024, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) resmi memperkenalkan dua mobil listrik baru di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yaitu MG ES EV dan MG Maxus 9 namun belum dijual.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan studi termasuk kemungkinan produksi di Indonesia agar dapat memberikan harga terbaik.

Baca juga: Mitsubishi L100 EV Resmi Dijual, Harga Rp 320 Juta

MG Maxus 9 meluncur di IIMS 2024Kompas.com/Janlika MG Maxus 9 meluncur di IIMS 2024

"Jadi fokus MG hari ini adalah membawa jajaran portofolio yang baru yaitu MG ES EV dan MG Maxus 9. Kali ini kami mau memperkenalkan dua model ini di mana ini menjadi satu opsional ke depan yang mana harus jadi pilihan konsumen," kata Arief di Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Arief mengatakan, harga merupakan hal yang krusial dan butuh strategi yang tepat. Termasuk apakah dua model baru tersebut nantinya diproduksi lokal di Indonesia atau tidak.

"Ini akan menjadi sesuatu yang sedang kami kembangkan agar bisa memberikan harga yang luar biasa. Seperti pendahulunya yaitu MG 4 EV dan juga MG ZS EV yang sudah diproduksi di Tanah Air," katanya.

MG4 EV yang sudah dirakit secara lokal oleh MG Motor IndonesiaKOMPAS.com/DONNY MG4 EV yang sudah dirakit secara lokal oleh MG Motor Indonesia

Seperti diketahui sebelumnya, MG Motor Indonesia memproduksi secara Completely Knocked Down (CKD) New MG 4 EV dan MG ZS EV dimulai pada Februari 2024 di pabrik MG di Cikarang Jawa Barat.

Baca juga: Dua Motor Listrik Baru Honda Bukan Realisasi SC e: Concept

Dalam rangka mendukung kebijakan mobilitas hijau Indonesia, MG berkomitmen mencapai 40 persen kandungan lokal di awal operasi, dengan target meningkat hingga 60 persen di tahap selanjutnya.

"Jadi apakah akan diproduksi di Tanah Air? kami sedang melakukan studi yang dalam dan mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa meredefinisikan ekspektasi konsumen dari sisi kualitas rancang bangun dan harga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com