Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bikin Helm Motor Cepat Rusak

Kompas.com - 10/02/2024, 16:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selayaknya perlengkapan berkendara, helm motor harus senantiasa dirawat supaya kualitasnya tetap prima dan masa pemakaiannya panjang.

Perawatan yang dimaksud tidak selalu berkaitan dengan hal-hal teknis seperti cara mencuci atau memoles, namun bisa sebatas mengubah kebiasaan saja.

Terkait hal ini, ada satu kebiasaan yang nampaknya sepele dan sering dilakukan banyak pengendara motor, namun efeknya tidak baik dan lambat laun akan merusak helm.

Kebiasaan yang dimaksud adalah sering menyimpan helm di luar ruangan semalaman, misalnya di teras rumah. Perilaku ini bisa menyebabkan helm sering tertutup embun.

Baca juga: Baru Beli Helm Motor, Ini Tips Merawatnya Supaya Tidak Cepat Rusak

Ilustrasi helm motor dengan flat visor dan intercomKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi helm motor dengan flat visor dan intercom

Agus Hermawan, Owner dari Juragan Helm menjelaskan, embun bisa mengoyak lapisan coating dan pelindung pada helm, membuat terkelupas dam warna menjadi pudar.

“Sebenarnya ini rahasia umum, memang masih belum banyak pemilik helm yang tahu. Tapi kalau levelnya penghobi, semuanya sudah tahu soal ini,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, belum lama ini.

Dia mengatakan, helm punya beberapa lapisan pelindung di bagian shell alias sisi terluar. Komposisi lapisan ini cukup beragam, namun biasanya terbuat dari resin atau epoksi.

Embun yang muncul ketika udara lembab diklaim bisa merusak lapisan pelindung tersebut dan membuat helm nampak buruk.

Baca juga: Aksi Pelemparan Batu di Jalan Terjadi Lagi, Pengemudi Wajib Waspada

Ilustrasi bisnis cuci helmDok. Hydrophobic Lab Indonesia Ilustrasi bisnis cuci helm

“Secara fungsi sebenarnya tidak pengaruh, cuma bisa merusak tampilan. Apalagi kalau helmnya punya lapisan doff, itu bisa lebih cepat rusak,” ucapnya.

Menghindari kendala semacam ini, Agus menyarankan pengguna untuk selalu menyimpan helm di ruang tertutup, supaya terhindar dari embun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com