Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subaru Masih Bicara Peluang Bikin Pabrik di Indonesia

Kompas.com - 10/02/2024, 12:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek otomotif asal Jepang, Subaru, kembali ke Tanah Air pada 2022 lalu. Subaru beroperasi di bawah naungan PT Plaza Auto Mega. Ini ditandai dengan meluncurnya All New Subaru Forester yang berada di segmen Sport Utility Vehicle (SUV).

Sejak saat itu, penjualan kendaraan Subaru menghasilkan raihan yang cukup positif.

Kendati demikian, Subaru Indonesia mengaku belum memiliki rencana untuk memproduksi kendaraan bermotor di dalam negeri. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Arie Christopher, Chief Executive Officer Subaru Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Canter FE SHDX, Truk Andalan untuk Sektor Pertambangan

“Setelah volume naik sesuai dengan pertambahan penjualan ada planing seperti itu, tapi dengan penjualan di bawah 1.000 unit setahun belum memungkinkan untuk hal itu, tetapi sudah ada pembicaraan dengan pihak prinsipial,” ucap Arie, saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2024).

Kemudahan tersebut, berkat disematkannya sistem Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) khas Subarudok.Subaru Kemudahan tersebut, berkat disematkannya sistem Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) khas Subaru

Mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2023 Subaru berhasil distribusikan kendaraan dari pabrik ke diler sebanyak 561 unit. Crosstrek mendominasi dengan total kontribusi sekitar 40 persen dari total penjualan.

“Volume maker nomor satu itu Crosstrek sekitar 40 persen, kemudian BRZ mungkin hampir 35 persen, sisanya model lain,” kata Arie.

Baca juga: Video Ibu-ibu Tabrakan Akibat Nyebrang Jalan Sembarangan

Sebagai informasi, saat ini Subaru memiliki enam model yang dijual, mulai dari Subaru Forester, Crosstrek, BRZ, WRX, WRX Wagon hingga Outback. Semua kendaraan Subaru masih menggunakan mesin bensin, dan diimpor secara utuh langsung dari Jepang alias CBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com