Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Discovery, Pakai Bodi Tentrem dengan Kabin Hitam

Kompas.com - 03/02/2024, 16:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Discovery tambah bus baru yang memakai bodi buatan Karoseri Tentrem, yakni Avante H8 Facelift. Bedanya dari unit bus Discovery lain, model yang terakhir ini pakai kelir biru yang lebih gelap.

Bahas soal livery, sebenarnya sangat sederhana, ada stiker pria dan wanita dengan baju khas Swiss. Lalu agak belakang, ada gambat peta Swiss yang cukup besar, memang jadi cirinya PO Discovery yang suka memakai negara Swiss yang jadi pembeda dengan PO lain.

Soal sasis, bus baru PO Discovery ini mengandalkan Mercedes Benz OH 1626. Jadi saat dipadukan dengan Avante H8 Facelift, rasanya sangat cocok karena jadi punya bagasi yang super lega.

Baca juga: Ingat Bahaya Mengintai Saat Berkendara di Dekat Bus atau Truk

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Tentrem Sejahtera (@tentrembusofficial)

 

Kalau Avante H8 Facelift, memang mendapatkan ubahan yang cukup besar di bagian depan. Misal kaca atasnya yang double kini bentuknya lebih tegak, tapi tetap mempertahankan pengalaman melihat ke luar yang maksimal.

Perbedaan lainnya yang ada di facelift ini bisa dilihat dari bumper depannya yang baru, begitu juga rumah foglamp-nya. Lalu ada di bagian samping di mana ornamennya lebih simpel dengan motif yang menarik.

Baca juga: Video Viral Polemik Pemasangan Pegas Rem Skutik, Mana yang Benar?


Beralih ke bagian kabin, dipasang sekat di depan yang memisahkan kabin penumpang dengan kru. Selain itu juga bisa jadi smoking room, sehingga asap tidak sampai mengganggu penumpang.

Pada bagian kabin, unit Discovery ini memakai lapisan yang berwarna hitam, sehingga tampil lebih elegan. Apalagi banyak ornamen kayu di deknya serta belum dipasangi bangku.

Pada bagian belakang, dibuat juga sekat yang berisi toilet. Kabin yang mewah bukan cuma buat penumpang, tapi sampai ke toilet, di mana banyak ornamen kayu yang membuatnya kelihatan lebih elegan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com