Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Gumarang Jaya Rilis 4 Unit Bus Pakai Bodi Tourista SR3

Kompas.com - 02/02/2024, 06:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Gumarang Jaya resmi merilis empat unit bus baru dari garasi Karoseri Laksana. Keempat unit medium bus tersebut tampil imut dengan balutan bodi Tourista SR3

Bodi bus Tourista SR3 pertama kali diperkenalkan pada pameran GIIAS 2023. Desain bus ini punya nuansa sporty dan agresif di bagian luar tapi mewah di kabinnya.

Eksterior bus menggunakan gril trapesium, lalu bagian bawah bumper terdapat aksen menyerupai splitter. Tidak ketinggalan di belakang menggunakan knalpot empat lubang.

Baca juga: Berkendara Saat Hujan, Ingat Cara Mengerem yang Benar dan Aman

Secara keseluruhan, visual bus masih menggunakan DNA dari bus milik PO Gumarang Jaya dengan mengadaptasi dari bendera Marawa khas masyarakat Minang, Sumatera Barat.

Maka dari itu bus masih menggunakan kelir putih yang dipadukan dengan permainan garis livery kuning, merah, dan biru. 

Kabin medium bus PO Gumarang JayaInstagram @Laksanabus Kabin medium bus PO Gumarang Jaya
 

Baca juga: Pahami Beda Marka Garis Jalan Berwarna Putih dan Kuning

Masuk ke area kabin, interior bus tampil elegan dengan konfigurasi bangku penumpang 2-2. Bangku juga masih menggunakan desain khas big bus PO Gumarang Jaya, yakni kelir hitam dengan aksen garis biru dan oranye.

Kisi-kisi AC bus PO Gumarang JayaInstagram @Laksanabus Kisi-kisi AC bus PO Gumarang Jaya

Kemudian pada penutup bagasi kabin berhiaskan garis wood panel. Lalu bentuk kisi-kisi AC hadir menyerupai kisi-kisi AC di mobil penumpang, yakni memanjang bukan bulat.

Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan center TV yang bisa dilipat. Sementara itu, keempat bus tersebut ditopang oleh sasis dari Hino.

Kendati PO Gumarang Jaya punya divisi bus pariwisata bernama PO Vido Trans, namun keempat bus ini nantinya akan diperuntukan sebagai bus pariwisata bukan bus AKAP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com