Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik dan Hybrid Bekas Mulai Banyak Diminati

Kompas.com - 01/02/2024, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini kendaraan elektrifikasi mulai dari hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga mobil listrik murni (electric vehicle/EV) mulai banyak berseliweran di jalan Jakarta.

Kondisi ini menandakan bahwa masyarakat mulai sadar akan pentingnya mobilitas berkelanjutan dan dampak lingkungan yang dihasilkan.

Kendati demikian, harga kendaraan elektrifikasi yang relatif masih mahal membuat para konsumen beralih untuk membeli unit bekas. Selain lebih murah, konsumen juga tidak perlu inden lama untuk merasakan teknologi kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Baca juga: Balap Liar di Jalan Raya Makin Marak, Telan Korban Jiwa

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024), terlihat beberapa showroom memajang kendaraan elektrifikasi bekas. Mulai dari Wuling Air ev, Nissan Magnite, dan Toyota Prius.

Wuling Air ev bekasKompas.com/Nanda Wuling Air ev bekas

“Di showroom kita ada dua unit Air ev, yang Standar Range ini baru tiga bulan pakai langsung dijual, Km juga masih 400, (harga) Rp 199 juta. Kalau yang Long Range Rp 235 juta,” ucap Tika, dari showroom Sinar Harapan Motor.

Menurut Tika, peminat konsumen mobil listrik bekas di showroom-nya cukup ramai. Kebanyakan dari mereka enggan menunggu inden mobil baru, sehingga beralih ke mobil bekas.

“Belum lama saya jual mobil Wuling Air ev, karena masih inden (unit barunya). Cepat terjualnya, belum di pasarkan di online sudah laku terjual,” kata Tika.

Nissan MagniteKompas.com/Nanda Nissan Magnite

Kris dari King Auto Car mengatakan, kendaraan elektrifikasi saat ini cukup banyak dicari konsumen terutama untuk model hybrid. Saat ini showroom-nya juga menjual Nissan Magnite tahun 2021 dengan harga Rp 320 juta.

Baca juga: Salah Kaprah Soal Lajur Kanan di Jalan Tol, Jangan Mager di Kanan

“Kalau untuk sekarang lagi banyak konsumen yang cari kendaraan hybrid dan listrik bekas. Kemarin kita ada Toyota Innova Zenix hybrid langsung kejual. Belum lama Wuling AIr ev Long Range juga kita jual Rp 215 juta. Ini Nissan Magnite juga baru masuk, belum ada sebulan,” ucap Kris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com