Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Fun to Drive Honda CR-V RS Hybrid

Kompas.com - 30/01/2024, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan generasi baru CR-V dalam dua varian, yakni 1.500 cc bermesin turbo, dan 2.000 cc dengan teknologi hybrid atau e:HEV.

Dari segi kapasitas mesin tersebut, sudah jelas CR-V RS Hybrid pastinya memiliki performa yang lebih baik dengan olahan tenaga yang lebih besar dari versi turbo.

Berdasarkan data, kolaborasi mesin 2.000 cc direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dan motor listrik serta baterai lithium-ion 1,06 kWh pada CR-V RS Hybrid mampu menghasilkan tenaga hingga 207 Ps atau sekitar 205 Tk.

Baca juga: Modifikasi Suzuki Jimny Jadi Jeep Cherokee XJ

All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V HybridKompas.com/Adityo All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V Hybrid

Sedangkan untuk urusan torsi atau momen puntir yang dihasilkan, sebesar 335 Nm yang disalurkan melalui transmisi E-CVT.

Tak hanya dari sisi data, redaksi juga sudah sempat merasakan sendiri sensasi tenaga ketika mengendarai CR-V RS Hybrid ke Ranca Upas di Ciwidey, Jawa Barat.

Momentum ini menjadi pengalaman menarik. Pasalnya, kehadiran CR-V RS Hybrid di Indonesia merupakan yang pertama kali dilakukan HPM.

Suasana hening sangat terasa ketika tombol start ditekan. Tak ada suara mesin karena kerja awal didukung motor listrik dengan catatan kondisi baterai mencukupi.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Honda CR-V Turbo dan Hybrid

Honda CR-V RS HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF Honda CR-V RS Hybrid

Hal ini menjadi salah satu kelebihan teknologi e:HEV, di mana membuat CR-V memiliki mode berkendara full listrik meski sifatnya hanya dalam kondisi dan kecepatan tertentu.

Sistem e:HEV punya empat mode driving system yakni, EV Mode, Hybrid Mode, Engine Mode, dan Regenerative yang secara otomatis akan bergantian sesuai dengan kondisi jalan, gaya berkendara, serta beban mesin.

Berkat torsi yang besar, membuat putaran bawah CR-V hybrid cukup terasa, bahkan bisa dibilang lebih berisi dari versi turbo. Tak heran lajunya juga cukup responsif.

Baca juga: Pemilik Avanza Jangan Lakukan Ini jika Ingin Transmisi Matik Awet

Honda CR-V RS HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF Honda CR-V RS Hybrid

Ketika berkendara di jalan tol, tanpa effort yang besar dan harus memaksa menekan pedal gas lebih dalam, CR-V RS Hybrid bisa dengan mudah menyentuh kecepatan 110 kpj.

Putaran tenaga di tengah sampai atas terasa terus mengisi. Bila ingin merasakan secara penuh sensasi performa CR-V RS Hybrid, pengendara bisa langsung menggunakan mode sport.

Dengan kondisi rpm yang bermain di putaran atas, membuat kapan pun pedal gas ditekan akan langsung mengantarkan tenaga yang lebih optimal.

Sensasi berkendara CR-V RS Hybrid juga tak lepas dari transmisi E-CVT. Dengan pengembangan magnet serta motor berstruktur multi-ring, torsi dan kecepatan maksimum dapat ditingkatkan.

Meski punya dimensi yang lebih melar dari generasi sebelumnya, tak membuat CR-V RS Hybrid kesulitan menyalip beberapa kendaraan, termasuk saat melintasi jalan arteri yang padat ketika mengarah ke Ranca Upas.

Baca juga: Ulik Desain CR-V Hybrid, Kental Aura Premium

Honda CR-V RS HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda CR-V RS Hybrid

Ciri khas produk Honda yang selalu menghadirkan sisi fun to drive, tetap melekat pada CR-V RS Hybrid, baik dari segi handling dan pengendalian yang presisi.

Faktor-faktor tersebut yang membuat CR-V RS Hybrid tetap terasa lincah ketika melintasi medan menanjak dan berliku untuk menuju lokasi tanpa ada kendala.

Perpaduan performa yang baik, pengendalian yang presisi, fitur, serta teknologi e:HEV dan Honda Sensing yang disematkan, memberikan nilai lebih bagi Honda CR-V RS Hybrid.

Baca juga: Bukan RF Lagi, Ini Kode Pelat Nomor Dewa yang Baru

Honda CR-V HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda CR-V Hybrid

Demikian juga untuk bantingan suspensi yang masih halus meredam guncangan ketika melewati jalan bergelombang, namun tetap stabil saat kecepatan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com