Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Bunyi Krek Saat Ganti Gigi Mobil Transmisi Manual

Kompas.com - 30/01/2024, 20:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi manual masih menjadi idola bagi sebagian masyarakat karena umumnya memiliki performa yang baik, dan dianggap lebih hemat bahan bakar ketimbang matik.

Meski begitu tidak menutup kemungkinan mobil manual mengalami kerusakan, salah satu masalah yang bisa terjadi, yaitu bunyi krek saat pindah gigi transmisi.

Hal ini seperti unggahan Facebook Japeriadi pada grup Swift Club Indonesia, di mana dia bertanya mengapa ada bunyi saat pindah gigi di mobil manualnya.

Baca juga: Jenis BBM yang Direkomendasikan untuk Mitsubishi Xpander

Ilustrasi tuas transmisi manual mobil ToyotaJames Gilboy/thedrive.com Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota

Nanya lg suhu.. Itu pas tiap pindah gigi kok bunyi y sampai ke kabin suaranya? Baru td malam ada bunyinya. Abaikan aj y suhu ad tumpahan air radiator, krna jg sambil kuras radiator,” tulis akun tersebut.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah mengatakan, ada beberapa penyebab yang membuat mobil dengan transmisi manual bunyi krek saat pindah gigi.

“Bisa terjadi karena ada masalah pada koplingnya, seperti kanvas kopling tipis atau habis, kanvas kopling selip terkena oli, dan setelan kopling atau free play kurang tepat,dan kabel kopling rusak,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Baca juga: Bos Toyota Minta Maaf soal Skandal Toyota, Daihatsu, dan Hino


Iwan juga mengatakan, selain kerusakan pada kopling bisa juga karena adanya kebocoran dan kerusakan pada komponen mobil.

“Ada kebocoran oli pada komponen hydrolis penekan garpu kopling, adanya kebocoran oli pada transmisi, gigi sinkromes transmisi rusak, bushing stang perpindahan gigi transmisi rusak, kabel perpindahan gigi rusak,” ucapnya

Selain itu, Iwan juga mengatakan apabila bunyi krek terjadi saat pindah ke R saja penyebabnya hampir sama , namun bukan sinkromesnya tapi mekanis buat gigi mundurnya yang bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com