Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Penjualan Motor Listrik Subsidi 2024 Tembus 50.000 Unit

Kompas.com - 29/01/2024, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perindustrian telah mengumumkan bahwa target motor listrik subsidi pada tahun 2024 sebanyak 50.000 unit.

Aismoli alias Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia optimistis dapat memenuhi rencana tersebut.

Seperti diketahui, penyaluran motor listrik subsidi pada 2023 mencapai 11.532 unit dari target yang sudah ditetapkan 200.000 unit.

Baca juga: Rumus Atur RPM yang Pas Buat Pindah Gigi di Mobil Manual

United E-Motor sanggup produksi ratusan ribu unit motor listrik tiap tahun.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA United E-Motor sanggup produksi ratusan ribu unit motor listrik tiap tahun.

“Tahun lalu kan syaratnya berat tuh mesti listrik 900 watt, sekarang baru beberapa bulan terakhir dibuka untuk siapa saja, 1 KTP 1 subsidi. Itu mudah-mudahan tahun ini saya optimistis bisa lebih baik,” ujar Abdullah Alwi, Sekretaris Aismoli di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

“Kalau melihat target kemarin yang 11.000 dalam beberapa bulan, harusnya 50.000 unit bisa tercapai. Mudah-mudahan di tahun pemilu ini lancar-lancar saja enggak ada masalah,” kata dia.

Abdullah juga mengatakan, dengan persyaratan penerima subsidi yang makin mudah, diharapkan penyaluran motor listrik bisa lebih banyak.

Baca juga: Video Viral, Pembalap Liar Adu Kambing dengan Pengguna Jalan

“Tahun lalu itu kan kita enggak mulai dari 1 Januari, kami mulai dari Maret. Yang kedua memang sosialisasi waktu itu bertahap dan tidak secara masif, sehingga masyarakat lebih banyak tahunya di akhir tahun,” ucap Abdullah.

“Yang ketiga pilihan motor listrik yang terdaftar masih sedikit hanya beberapa unit, tapi sekarang sudah ada 56 tipe. Harusnya dengan tiga itu saja sudah meningkat,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com