Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Januari 2024, Pendaftaran Motor Listrik Subsidi Sudah 8.861 Unit

Kompas.com - 25/01/2024, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki tahun 2024, pendaftaran motor listrik subsidi langsung menembus ribuan unit. Angka ini sudah hampir mendekati keseluruhan penyaluran pada 2023 sebanyak 11.532 unit.

Abdullah Alwi, Sekretaris Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), mengatakan, pada tahun lalu pemerintah memberikan kuota subsidi motor listrik subsidi sebanyak 200.000 unit.

Sementara pada tahun ini, pemerintah sempat menyatakan bahwa kuota maksimal sebanyak 600.000 unit. Namun yang sudah disetujui oleh Kementerian Perindustrian sekitar 50.000 unit.

Baca juga: Apakah Wacana Kenaikan Pajak Motor Termasuk Greenflation?

Daftar motor listrik penerima subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta bertambah satu model. Artinya per 19 September 2023, total ada 33 motor listrik bersubsidi yang bisa dipilih konsumen. Screenshot Sisapira.id Daftar motor listrik penerima subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta bertambah satu model. Artinya per 19 September 2023, total ada 33 motor listrik bersubsidi yang bisa dipilih konsumen.

“Kalau terhitung kecepatannya di pertengahan Januari sudah masuk 8.861 dan verifikasi 3.427 unit, semoga ini awal baik,” ujar Abdullah di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Abdullah mengatakan, dalam hal ini pemerintah sudah cukup mendukung pertumbuhan motor listrik dari sisi kebijakan fiskal.

“Ini peluang industri kalau kita baca Indonesia saat ini cukup banyak perusahaan-perusahaan kembangkan motor di indonesia, maka ini akan jadi peluang basis industri jadi bisa melakukan ekspor,” ucap Abdullah.

Baca juga: Viral Video Mobil Jokowi Diduga Pecah Ban, Ternyata Begini Faktanya

Untuk diketahui, sampai dengan Januari 2024, terdapat 56 model motor listrik yang bisa dipilih konsumen.

Dari sekian banyak model, pilihan motor listrik termurah jatuh kepada Greentech Unity yang dibanderol Rp 5,3 juta. Adapun model paling mahal adalah United TX3000 yang dibanderol Rp 42,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com