Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Strategi China, Tesla Siapkan Mobil Listrik Murah 2025

Kompas.com - 26/01/2024, 12:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran produk mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) murah dari sejumlah produsen China membuat peta persaingan kendaraan listrik dunia berubah.

Kondisi tersebut terbukti dari turunnya Tesla, pionir industri BEV, dari takhta sebagai penjual mobil listrik terlaris dunia usai dikalahkan BYD pada 2023.

Alhasil, CEO Tesla Elon Musk menyebut pihaknya akan merilis BEV yang lebih murah dengan harga sekitar 25.000 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 395 jutaan.

Baca juga: Kendaraan Niaga Melemah, Penjualan Isuzu Tetap Naik pada 2023

Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.

"Saya sering kali optimistis mengenai waktu. Namun, jadwal kami saat ini menunjukkan jika kami akan memulai produksi menjelang akhir tahun 2025," kata dia dikutip dari Reuters, Kamis (25/1/2024).

Musk juga memperingatkan bila pertumbuhan penjualan yang sangat rendah tahun ini karena mereka berfokus pada kendaraan baru setelah melaporkan menyusutnya margin kotor pada kuartal IV.

Tesla, dikatakannya berada di antara dua gelombang pertumbuhan, gelombang pertama didorong oleh peluncuran Model 3 dan Y masing-masing pada tahun 2017 dan 2020.

Serta, gelombang kedua yang akan dimulai dengan platform kendaraan generasi berikutnya.

Baca juga: Toyota Ingin Bikin Merek Baru, Lebih Mewah dari Lexus

Ilustrasi Pabrik Tesla di ASreuters.com Ilustrasi Pabrik Tesla di AS

Kendati tak disebutkan secara rinci mengenai platform terbaru itu, tapi ke depan harga mobil Tesla agaknya tidak akan melebihi dari yang sudah ada.

Berdasarkan riset otomotif Kelley Blue Book mengatakan harga rata-rata mobil konvensional di AS terpatok 48.800 dollar AS, sementara BEV berkisar di level 50.800 dollar AS alias setara dengan Rp 790 juta.

Adapun produsen asal China, kerap memasarkan BEV dengan banderol di bawah harga pasar yaitu Rp 500 juta ke bawah. Membuat sejumlah pabrikan di AS termasuk Tesla kewalahan menghadapinya.

Padahal investasi yang dikucurkan untuk melakukan riset dan studi di kendaraan listrik tidaklah murah. Membuat China berpotensi meraih kesuksessan di masa mendatang.

“Jika tidak ada hambatan perdagangan, maka hal ini akan menghancurkan sebagian besar perusahaan mobil lain di dunia," ucap dia.

Baca juga: Luhut: Harga Nikel Terlalu Tinggi, Berbahaya buat Ekosistem Baterai EV

BYD China adalah salah satu merek kendaraan listrik paling populer di Thailand.REUTERS/ATHIT PERAWONGMETHA via ABC INDONESIA BYD China adalah salah satu merek kendaraan listrik paling populer di Thailand.

Alasan mobil listrik China lebih murah

MIT Technology Review menjelaskan alasan China bisa menjual mobil listrik lebih murah karena tidak lepas dari peran pemerintahnya yang mengambil langkah untuk berinvestasi dalam teknologi terkait sangat awal, yakni sejak tahun 2001.

Kala itu, teknologi kendaraan listrik diperkenalkan sebagai proyek penelitian sains prioritas dalam rencana lima tahun China, yang merupakan deskripsi mendetail mengenai suatu rencana strategi atau blue print ekonomi tingkat tertinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com