Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Indonesia Belum Mau Ikutan di Segmen Big Bus

Kompas.com - 25/01/2024, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Persaingan penjualan sasis bus kian bersaing ketat seiring pertumbuhan perusahaan otobus (PO) di Tanah Air.

Oleh karena itu berbagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) gencar melucurkan berbagai sasis bus dengan berbagai jenis dan keunggulan.

Hanya saja hingga saat ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) belum menjual big bus, atau bus besar di Indonesia. Oleh karena itu produk bus Isuzu masih di dominasi oleh medium bus hingga mikro bus. 

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Truk Fuso di Simalungun, Pengemudi Wajib Waspada

Bus baru PO Nyaman Holiday pakai sasis IsuzuInstagram @adiputro_official Bus baru PO Nyaman Holiday pakai sasis Isuzu

President Director PT IAMI, Yusak Kristian Solaeman mengatakan, saat ini Isuzu Indonesia masih mempelajari pasar untuk siap menjual bus besar. 

"Untuk big bus, kita pelajari dulu segmen di sini. Kita mau lihat pertumbuhan indonesia, big bus terutama di Jakarta masih cocok. Namun kita mau segmen yang lebih potensial, karena untuk pasar yang baru perlu ada skala bisnis," kata Yusak di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Toyota Ingin Bikin Merek Baru, Lebih Mewah dari Lexus

Yusak menjelaskan, perusahaan mau melihat dulu segmen potensial ekonomi apakah sudah tepat atau belum. Sebab, secara teknologi dan produk big bus Isuzu global sudah punya. 

Bila melihat ke beberapa tahun belakang, Isuzu pernah membawa sasis big bus dengan nama Isuzu LT Series dalam pameran GIIAS 2017. Namun, semenjak kehadirannya tidak banyak operator yang membeli sasis tersebut.

Pada acara yang sama, Kyouko Hikima, Director of Business Directorate PT IAMI mengatakan, saat ini masih belum ada rencana namun berharap kedapannya bisa menjual big bus Isuzu di Indonesia. 

"Big bus penting buat Indonesia, kita berharap bisa ada kesempatan, tapi sampai sekarang belum ada rencana. Tapi kami harap bisa ada strategi yang tepat untuk menjual produk big bus Isuzu di sini," kata Hikima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com