Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film yang Efektif Menangkal Radiasi UV Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Kompas.com - 22/01/2024, 08:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu upaya agar memiliki kulit sehat, yaitu menghindarkan dari polutan penyebab penyakit. Cara yang bisa dilakukan, khususnya bagi pengguna mobil dengan intensitas tinggi adalah memilih kaca film dengan spesifikasi bagus.

Sebab, kulit bisa terpapar sinar matahari dimana saja dan kapan saja, termasuk saat kita berkendara. Untuk pengguna kendaraan roda empat, menghindari paparan sinar matahari, sangat penting untuk menggunakan kaca film berkualitas yang mampu secara maksimal menangkal radiasi sinar ultra violet (UV).

"Radiasi UV merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit. Dengan menggunakan kaca film berkualitas, pengendara dapat melindungi kulit dari paparan radiasi UV. Kaca film ini sudah teruji secara ilmiah, efektif untuk menangkal radiasi UV dengan hasil penolakan hingga 99%," ujar Betty Anjarini, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Krisant Pundimas Sejahtera, distributor kaca film merek Wincos dalam siaran resmi, Senin (22/1/2024).

Betty menjelaskan, manfaat kaca film Wincos dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari:

Ilustrasi Kaca Film Mobilist Ilustrasi Kaca Film Mobil

Mengurangi paparan radiasi UV:

Kaca film Wincos memiliki lapisan metalik yang dapat memantulkan sinar matahari, termasuk radiasi UV. Hal ini dapat mengurangi paparan radiasi UV hingga 99 persen.

Mencegah terbakarnya kulit:

Paparan radiasi UV dapat menyebabkan kulit terbakar. Dengan menggunakan kaca film Wincos, pengendara dapat mengurangi risiko kulit terbakar saat berkendara.

Menjaga kulit tetap sehat:

Paparan radiasi UV dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Dengan menggunakan kaca film Wincos, pengendara dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Selain itu, kiat lain juga bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, antara lain:

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30

Tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV). Pastikan untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan mengandung perlindungan terhadap sinar UVB dan UVA.

Kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari

Gunakan pakaian yang menutupi kulit sebanyak mungkin saat beraktivitas di luar ruangan. Pakaian berwarna gelap dapat menyerap sinar matahari lebih banyak daripada pakaian berwarna terang.

Hindari beraktivitas di bawah sinar matahari pada siang hari

Sinar matahari paling berbahaya pada siang hari, antara pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Sebaiknya hindari beraktivitas di luar ruangan pada jam-jam tersebut.

Intinya, merawat kesehatan kulit itu penting. Karena bagaimanapun kulit adalah organ terluar dari tubuh manusia yang berfungsi memberikan perlindungan untuk organ internal tubuh dengan berjuang melawan polutan, sinar UV, dan mikroorganisme penyebab penyakit lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com