Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Dishub DKI Mulai Bongkar Jalur Khusus Sepeda | Avanza Kuasai Pasar MPV Murah 2023, Stargazer Ancam Xenia

Kompas.com - 19/01/2024, 06:49 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah jalur khusus sepeda di wilayah Ibu Kota terpantau tidak mendapat proteksi alias mengalami kerusakan pada Stick Cone. Dishub DKI rencananya bakal membongkar jalur khusus sepeda dari Stick Cone dan menggantinya dengan marka jalan Solar Cell.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi lajur sepeda terproteksi di berbagai wilayah Jakarta. Dari evaluasi tersebut, ditemukan aduan atau laporan dari warga terkait kondisi Stick Cone yang rusak di sejumlah lajur sepeda.

Selain itu, Toyota Avanza kembali menguasai pasar mobil keluarga murah atau low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia sepanjang 2023 dengan total market share 41,8 persen.

Pencapaian tersebut, sebagaimana diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), usai kendaraan yang berjuluk "mobil sejuta umat" ini penjualannya naik 2,7 persen dari tahun lalu.

Padahal, kala itu pasar otomotif nasional sedang melambat usai adanya gejolak inflasi Amerika Serikat (AS) yang membuat penjualan pada kuartal III-2023 lesu.

Baca juga: Biaya Perawatan Neta V Sampai 100.000 Km, Diklaim Cuma Rp 3 Jutaan

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 18 Januari 2024:

1. Dishub DKI Mulai Bongkar Jalur Khusus Sepeda

Maka langkah yang diambil adalah pencabutan Stick Cone secara bertahap di sejumlah ruas lajur sepeda.

Hal tersebut untuk menjamin keselamatan pesepeda dan pengguna jalan lainnya agar tidak mengalami kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Dishub DKI Mulai Bongkar Jalur Khusus Sepeda

2. Avanza Kuasai Pasar MPV Murah 2023, Stargazer Ancam Xenia

Toyota Avanza di Filipinatoyota.com.ph Toyota Avanza di Filipina

Alhasil, pasar mobil nasional sepanjang Januari-Desember 2023 terhenti di angka 1.005.802 unit, turun 4 persen dibanding tahun sebelumnya alias year-on-year (yoy).

Lebih terperinci, dalam catatan asosiasi, total Avanza yang berhasil dijual dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 62.275 unit. Jumlah ini jauh melampaui para pesaingnya, seperti Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Avanza Kuasai Pasar MPV Murah 2023, Stargazer Ancam Xenia

3. Bocoran Mobil Listrik BYD yang Siap Meluncur Siang Ini

BYD Dolphin Foto: BYD BYD Dolphin

Produsen mobil listrik asal China, Build Your Dreams (BYD) dipastikan bakal mengumumkan perkenalan merek dan peluncuran produk di Indonesia pada siang ini, Kamis (18/1/2024).

Kabar ini diketahui berdasarkan undangan resmi perusahaan yang masuk ke redaksi Kompas.com dengan tajuk “Konferensi Pers Brand & Product Launching Ceremony,”.

Baca juga: Bocoran Mobil Listrik BYD yang Siap Meluncur Siang Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com