Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2023 Ada 148.307 Kasus Kecelakaan di Seluruh Indonesia, Jawa Timur Mendominasi

Kompas.com - 16/01/2024, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) melalui Sub-Direktorat Kecelakaan (Subditlaka) telah mengkompilasi data kecelakaan lalu lintas di Indonesia, untuk periode awal Januari 2023 hingga akhir Desember 2023.

Berdasarkan rekapitulasi data sepanjang 2023, telah terjadi sebanyak 148.307 kecelakaan di seluruh Indonesia. Angka ini naik sekitar 0,06 persen dibandingkan tahun 2022 yang jumlahnya 140.248 kecelakaan.

Rekapitulasi data ini diperoleh dari Intergated Road Safety Management System (IRSMS), software terintegrasi khusus di bawah pengawasan Subditlaka Korlantas Polri untuk mendata, mengkompilasi, dan menghitung kecelakaan lalu lintas.

Kasubditlaka Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirait menjelaskan, memang ada banyak faktor yang bisa menyebabkan meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Ingat, Jangan Nyalakan Lampu Hazard Saat di Persimpangan Jalan

Ruang kendali Integrated Road Safety Management System (IRSMS) di bawah pengawasan Subditlaka Korlantas PolriKompas.com/Dori Carolus Ruang kendali Integrated Road Safety Management System (IRSMS) di bawah pengawasan Subditlaka Korlantas Polri

Salah satunya adalah jumlah kendaraan di Indonesia, yang jumlahnya selalu naik dari tahun ke tahun. Hotman mengatakan, grafik pertumbuhan jumlah kendaraan bisa berbanding lurus dengan tingkat kecelakaan

“Jadi memang ada banyak hal yang menyebabkan naik jumlah laka lantas. Bisa karena jumlah kendaraan yang meningkat setiap tahunnya,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (15/1/2024).

Faktor lain yang menjadi penyebab adalah kepadatan arus lalu lintas serta kondisi jalan. Tentunya, jalan dengan intensitas kendaraan melintas tinggi juga berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas.

Adapun untuk penyumbang kecelakaan lalu lintas terbesar adalah Provinsi Jawa Timur, dengan jumlah total 31.992, disusul Provinsi Jawa Tengah dengan perbedaan tipis sebesar 31.581.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com