Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Ditiru, Video Viral Sopir Bus Berkendara Pakai Kaki

Kompas.com - 16/01/2024, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini viral sebuah video yang ramai diperbincangkan oleh pengguna media sosial lantaran aksi sopir bus yang kurang terpuji. Pada video tersebut, sopir bus mengendarai bukan menggunakan tangan namun menggunakan kaki. 

Sopir itu seolah unjuk kebolehan dengan mengontrol setir bus dengan menggunakan kaki kanannya. Beberapa penumpang yang ada di dalamnya juga terlihat antusias sambil merekam aksi sopir itu. 

Kejadian ini terekam pada video yang diunggah oleh akun Instagram @videobusindonesia_. Hanya saja tidak disebutkan lokasi dan kapan kejadian ini berlangsung.

Namun pada keterangan video disebutkan bila rombongan penumpang di bus akan melakukan trip ke pantai Anyer, Banten. 

Dari cuplikan video, bus itu merupakan kendaraan pariwisata milik perusahaan otobus (PO) Edi Trans. 

Baca juga: Daftar Merek Mobil yang Hadir di IIMS 2024, Ada Merek Baru

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Video Bus Indonesia (@videobusindonesia_)

Baca juga: Ganti Head Unit Suzuki S-presso Jadi Canggih, Mulai Rp 8 Juta

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, aksi pengemudi bus mengendalikan setir menggunakan kaki sangatlah berbahaya dan tidak patut di contoh. 

"Menurut saya bukan pada tempatnya melakukan atraksi berbahaya di tempat umum dan melibatkan penumpang.Pengemudi yang kompeten justru harusnya menampilkan keterampilan berkendata yang aman," kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (16/1/2024). 

Menurut Sony, sebaiknya pengemudi bus menunjukkan kepada penumpang bahwa dia kompeten dalam menerapkan cara berkendara yang benar. Maka dari itu posisi kaki yang tepat itu ada di pedal-pedal bawah bukan pada setir. 

"Bayangkan jika tiba-tiba di depan ada rintangan dan pengemudi harus mengantisipasi, bisa apa dengan posisi kaki di setir?" kata Sony. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com