Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Buruk Bus, Menurunkan Penumpang di Pinggir Jalan Tol

Kompas.com - 16/01/2024, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini viral sebuah kejadian bus yang hendak menurunkan penumpang di jalan tol dan terpergok oleh petugas kepolisian yang sedang bertugas. 

Kejadian tersebut terekam dalam cuplikan video yang diunggah oleh polisi tersebut dengan nama akun Intagram @hilmyalx. Hanya saja tidak disebutkan nama jalan tol dan kapan kejadian tersebut berlansung.

Pada video yang berdurasi 20 detik itu, bus hendak menepi ke sisi jalan tol dengan maksud ingin menurunkan salah satu penumpang.

Namun polisi tersebut langsung menghalangi bus untuk berhenti dan menyuruh sopir untuk terus melaju. Bus yang ada cuplikan video itu terlihat jelas bila dari perusahaan otobus (PO) Primajasa. 

Baca juga: Video Polisi Tegur Penumpang yang Buang Puntung Rokok Sembarangan

Melalui keterangan video, polisi itu juga menuliskan "Definisi mementingkan kepentingan pribadi daripada umum pgn turun di tol biar lebih cepet tapi rawan menimbulkan laka lantas jangan ditiru ya," Instagram @hilmyalx

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by hilmyalx (@hilmyalx)

Baca juga: Daftar Merek Mobil yang Hadir di IIMS 2024, Ada Merek Baru

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, menurunkan penumpang di jalan tol akan ada risiko besar yang menanti.

"Jalan tol identik dengan bebas hambatan dan kecepatan tinggi, kalau kendaraan berhenti dengan alasan menurunkan penumpang sekalipun dibahu jalan, menurut saya tidak pada  tempatnya. Selain bukan untuk menurunkan penumpang, penumpang juga tidak terlindungi dan besar kemungkinan ditabrak dari belakang," kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (16/1/2024). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com